Kelangkaan Ekonomi

Posted on

Kelangkaan Ekonomi – Tahukah anda bahwa segala aktivitas yang kita lakukan selalu berkaitan dengan ekonomi ?. Nah suatu negara jika tidak dapat memenuhi kebutuhan warga negaranya, maka dapat dikatakan negara tersebut mengalami kelangkaan ekonomi loh. Biasanya kelangkaan ini sering dirasakan oleh negara – negara yang sedang berkembang. Maka untuk lebih jelasnya simaklah penjabaran yang ada dibawah ini.

kelangkaan ekonomi

Pengertian

Terjadinya kelangkaan ekonomi tentu pada dasarnya dikarenakan kebutuhan manusia yang tidak akan ada batasnya. Sedangkan sumber daya alam yang kita miliki terbatas terlebih lagi terbatasnya sektor – sektor perekonomian dimana membuat manusia harus dapat berfikir secara inovatif didalam memunculkan peluang yang dibutuhkan.

Kebutuhan manusia demi keberlangsungan hidupnya dapat digolongkan menjadi 4 jenis, ialah sebagai berikut :

  • Berdasarkan Intensitasnya, golongan kebutuhan ini sendiri terdiri dari : kebutuhan primer, sekunder, serta tersier.
  • Berdasarkan Bentuk & Sifatnya, golongan kebutuhan ini sendiri terdiri dari : jasmani dan rohani.
  • Berdasarkan Waktu Pemenuhannya, golongan kebutuhan ini sendiri terdiri dari : kebutuhan sekarang, masa depan, serta tidak terduga.
  • Berdasarkan Subjeknya, golongan kebutuhan ini sendiri terdiri dari : kebutuhan individu serta kebutuhan kelompok (kolektif).

Dengan begitu, setiap manusia haruslah menyusun segala kebutuhan sesuai dengan prioritas yang diutamakan terdahulu seperti kebutuhan yang penting serta mendesak. Sehingga pemenuhan kebutuhan secara bijak dapat tercapai secara optimal ataupun puas, karena pada dasarnya kebutuhan manusia bersifat tidak terbatas namun alat pemuas kebutuhanlah yang terbatas. Karena kondisi seperti ini yang menggambarkan adanya kelangkaan pada sistem perekonomian.

Berikut Contohnya

Salah satu contoh kelangkaan yang sering terjadi di masyarakat ialah Kelangkaan BBM (Bahan Bakar Minyak), dimana amat sulit didapatkan pada lokasi dimana mempunyai posisi jauh terhadap pembangunan, khususnya pembangunan infrastruktur.

Baca Juga : Pelaku Ekonomi

Tidak hanya BBM, masyarakat juga sering kesulitan untuk memperoleh Gas LPG atau saat didaerah tertentu sedang terkena bencana alam namun sulit mendapatkan obat – obatan serta bahan makanan.

Penyebab Terjadinya

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kelangkaan ekonomi ialah :

1. Bencana Alam

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa terjadinya bencana dalam dapat menjadi salah satu sumber terjadinya kelangkaan ekonomi juga. Sehingga banyak Negara yang mempertimbangkan agar siap siaga atas bencana yang akan terjadi nantinya.

2. Keadaan Geografis Berbeda-Beda

Dengan kondisi geografis yang berbeda – beda tiap wilayah, menjadi salah satu penyebabnya, terlebih lagi jika masyarakat yang bermukim di daerah – daerah terpencil, maka ia akan sulit memperoleh barang yang dibutuhkan.

3. Keterbatasan Kemampuan Produksi

Terbatasnya untuk menghasilkan produksi pada suatu wilayah dapat menjadi penyebabnya juga, sebab jika produksi disuatu negara terbatas, maka pemenuhan kebutuhan warganya tidak dapat terpenuhi seluruhnya.

4. Perbedaan IPTEK

Perbedaan adanya ilmu pengetahuan dan teknologi, dimana terjadi pada masyarakat satu terhadap lainnya. Maka pembangunan pada sebuah negara tidak berjalan secara efektif ataupun maju jika pembangunan manusia terhadap IPTEK sangat minim.

5. Pertumbuhan Ekonomi Yang Lambat

Jika warga sulit memperoleh akses yang memadai aktivitasnya, maka pertumbuhan perekonomian akan melambat pada sebuah daerah maupun wilayah tertentu.

Dampak Yang Ditimbulkan

Berikut beberapa dampak yang ditimbulkannya, ialah :

1. Kemiskinan

Jika kelangkaan ekonomi ini terjadi, artinya tingkat kemiskinan juga akan meningkat pada negara tersebut. Dengan kemiskinan ini, maka sebuah negara berkembang sulit agar dapat menjadi negara maju. 

2. Pengangguran Meningkat

Dampak yang ditimbulkan selanjutnya ialah pengangguran yang semakin tinggi, karena banyak warga yang tidak dapat berpenghasilan yang penuh. Dengan begitu, warga akan lebih memilih berhemat bahkan menghutang. Karena pendapatn dan penghasilan yang kurang seimbang itulah salah satu faktor penyebabnya.

Baca Juga : Ekonomi Islam

3. Kriminalitas

Terdesaknya warga untuk memenuhi kebutuhan dasar karena kelangkaan ini, maka beberapa orang menginginkan cara instan seperti mencuri, mencopet dan lainnya. Dengan begitu tingkat kriminalitas akan semakin pesat pada warga negaranya.

Jenis-Jenis

Berikut beberapa jenis didalam kelangkaan ini ialah :

1. Sumber Daya Alam

Keterbatasan yang dimiliki SDA (Sumber Daya Alam) dibumi ini, sehingga tidak sekaligus dapat dimanfaatkan maupun digunakan dalam masa periode tertentu. Karena masih ada generasi penerus yang akan difikirkan nantinya, sehingga pemakaian SDA ini haruslah efisien.

2. Sumber Daya Manusia (Tenaga Kerja)

Menciptakan SDM (Sumber Daya Manusia) agar dapat dijadikan sebagai tenaga kerja yang benar – benar berkompeten pada bidangnya sangatlah langka. Karena banyak tenaga kerja hanya mengandalkan kemampuan saja tanpa benar – benar didasari ilmu yang berkompeten dibidangnya masing- masing.

3. Modal

Modal pada perkembangan perekonomian akan menjadi salah satu sumber daya dimana agar meningkatkan kemampuan bagi masyarakat. Jika modal yang dimiliki suatu negara tinggi, maka negara tersebut dapat menjalankan segala kegiatannya khususnya dibidang ekonomi lebih banyak dibandingkan sebaliknya.

4. Kewirausahaan

Jika banyaknya wirausaha pada negara tentu ia akan ikut serta dalam pemenuhan kebutuhan serta tenaga kerja, dengan begitu tidak akan terjadinya kelangkaan ini. Suatu negara bisa dikatakan stabil jika mempunyai setidaknya 0,2 persen wirausaha didalamnya.

Apakah pengertian kelangkaan dalam ilmu ekonomi ?

Dalam ilmu ekonomi, kelangkaan adalah kondisi manusia dimana harus melaksanakan pengorbanan agar mendapatkannya. Adanya keterbatasan alat pemuas kebutuhan disebabkan oleh kelangkaan maupun keterbatasan sumber daya ekonomi di Negara tersebut.

Apakah ciri – ciri dalam kelangkaan ?

Ciri – ciri kelangkaan ialah :
1. Keinginan maupun kebutuhan manusia yang bersifat tidak terbatas
2. Terbatasnya sumber daya pendukung produksi maupun barang dan jasa yang amat terbatas.

Bagaimana solusi dalam kelangkaan ekonomi ?

Solusi dalam adanya kelangkaan ini ialah :
1. Penyusunan skala prioritas.
2. Bijaksana terhadap pemanfaatan sumber daya alam.
3. Melaksanakan eksplorasi sumber daya baru.
4. Memanfaatkan kemajuan teknologi.
5. Memanfaatkan bahan substitusi.

Baca Juga : Pembangunan Ekonomi

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi kalian semua, khususnya para pembaca.

Rate this post
Related posts: