Hewan Ovovivipar

Posted on

Hewan Ovovivipar – Tahukah anda tiap hewan, tumbuhan, manusia, dan lainnya memiliki cara yang berbeda untuk melakukan proses perkembangbiakkan ini. Proses perkembangbiakkan ini dapat dilakukan dengan cara bertelur, beranak, ataupun melahirkan serta lainnya, dimana masing – masing memiliki perkembangbiakkan berbeda – beda tergantung ke dalam jenis golongan apa hewan tersebut. Nah salah satu bentuk golongan hewan jenis ovovivipar ini akan dijelaskan secara rinci dan jelas dibawah ini.

hewan ovovivipar

Pengertian

Suatu bentuk cara hewan dimana berkembang biak dilakukan dengan cara bertelur, beranak maupun melahirkan disebut dengan ovovivipar.

Embrio yang mengalami perkembangan didalam telur, namun telur akan terus berkembang didalam tubuh dari si induk sampai telur tersebut siap menetas.

Jika telur telah berhasil menetas, maka individu yang baru akan keluar dari tubuh sang induk tersebut, dengan adanya embrio didalam telur yang tetap tumbuh dan berkembangbiak itulah yang menjadikan ciri khasnya.

Setelah telur telah mencapai masanya, lahirlah hewan dimana akan keluar dari tubuh si induknya. Cadangan makanannya yang dihasilkan bukan dari tubuh sang induk melainkan dari embrio yang berasal dari dalam telur itu sendiri.

Pada jenis kelompok ovovivipar ini banyaknya jenis ular yang termasuk didalam jenis ini.

Ciri-Ciri

Sudah disinggung diatas bahwa hewan ovovivivpar ini berkembangbiak melalui cara bertelur serta beranak sehingga mempuunya ciri – cirinya sendiri.

Baca Juga : Fungsi Tulang Rusuk

Cirinya ialah ovipar dimana embrio yang berkembang pada cangkang telur, namun tetap pada perut sang induknya. Kemudian saat menetas, akan dikeluarkan dari dalam tubuh sang induk bagaikan vivipar.

Yang membedakannya dengan ovipar ialah telur yang tetap berada dalam tubuh sang induk. Selanjutnya yang membedakannya dengan vivipar ialah embrio yang berkembang dengan atau melalui asupan makanan dimana berasal dari cadangan dari dalam telur itu sendiri, artinya tidaklah berasal dari sang induknya.

Berikut Contohnya

Setelah mengetahui penjelasan dan penjabaran diatas, berikut merupakan contoh hewan yang tergolong dengan ovovivipar ialah :

1. Platypus

platypus

Platypus merupakan salah satu jenis hewan yang tergolong ovovivipar dimana sesungguhnya ia berkembangbiak melalui cara ovipar, atau dapat dikatakan layaknya bagaikan kelas burung serta aves.

Namun, tetap terdapat perbedaan yang cukup aneh dan unik karena platypus sendiri memiliki kelenjar susu serta memiliki kebiasaan untuk menyusui bayi – bayinya setelah menetas layaknya seperti mamalia.

Karena faktor yang dianggap aneh atau ketidaklaziman itulah membuat para ahli biologi menyebutkan jika contoh hewan ovovivivar juga termasuk ke hewan peralihan dari masa evolusi, dimana berlangsung dari kelas burung menuju ke kelas mamalia.

Platypus sendiri ialah hewan semi-akuatik dimana umum ditemui pada daerah bagian timur, tepatnya di benua Australia. Platypus sendiri mempunyai paruh yang mirip bagaikan bebek serta memiliki kaki yang berselaput.

Platypus sendiri memiliki suhu tubuh kira – kira sekitar 32 derajat Celcius, sehingga pada tubuh platypus sendiri diselimuti oleh bulu yang berwarna cokelat. Dimana hal ini agar dapat menjaga tubuhnya akan tetap merasakan kehangatan.

Disamping itu, Platypus sendiri memiliki berat badan di bawah antara 1 kg hingga lebih dari >2 kg, namun pada platypus tergolong jantan jauh lebih besar 3 kali lipat dibandingkan jenis betinanya.

2. Ikan Pari

ikan pari

Selanjutnya ada ikan pari, dimana ialah salah satu dari hewan ovovivipar yang memiliki kehidupan ekosistem pada perairan. Perkembangbiakkan yang dilakukan ikan pari ialah dengan cara bertelut, namun telurnya akan dikeluarkan sebelum dapat untuk menetas

Baca Juga : Jaringan Pada Hewan

Berkembang dan tumbuhnya embrio melalui cara menyerap nutrisi dimana terdapat didalam kuning telur, sehingga induk dari ikan pari ini akan melahirkan saat pertumbuhannya yang telah mencapai tingkat optium ya.

Tiap periode kehamilan dari ikan ini umumnya mengandung sebanyak 5 sampai dengan 13 anak ikan pari. Ciri utama ikan ini ialah mempunyai bentuk tubuh yang datar serta pipih sehingga tidak memiliki tulang.

Ikan pari merupakan ikan jenis laut dimana diketahui sampai saat ini ada sebanyak 560 spesies yang tegolong ke dalam 13 famili. Salah satu spesies ikan pari terbesar didunia ialah ikan pari manta, dimana memiliki lebar tubuh mencapai 7 meter.

Bahkan berat yang dimiliki ikan pari berjenis manta ini mencapai 3ton loh, namun ikan pari manta ini dapat ditemukan didaerah lautan tropis yang ada di dunia. Dimana letaknya kurang lebih antara 35 derajat lintang utara sampai dengan 35 derajat lintang selatan.

3. Iguana

iguana

Iguana sendiri berkembangbiak melalui cara ovovivipar, dimana termasuk jenis kadal yang hidup di negara tropis seperti : Amerika baik di Selatannya maupun Tengah serta juga Karibia.

Iguana sendiri mempunyai penglihatan yang begitu bagus, sehingga dapat melihat dengan jarak yang cukup jauh segala bentuk, warna, bayangan serta juga gerakan.

Dengan memiliki penglihatan yang cukup baik, maka akan memudahkan iguana menemukan makanan serta mengarungi hidupnya dihutan yang lebat.

Tidak hanya itu, dengan mata yang tajam ini juga dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan anggota spesies iguana yang sama dengannya tersebut.

Iguana sendiri memiliki tubuh yang berwarna hijau dimana sangat membantu untuk bersembunyi dari sang predator, dimana yang akan berniat memangsa iguana ini.

Apa sajakah hewan yang tergolong ovovivipar ini?

1. Kuda laut
2. Salamander
3. Bunglon
4. Ikan guppy
5. Ikan hiu
6. Ular kadut
7. Kadal

Dengan cara apakah hewan trenggiling berkembang biak ?

Trenggiling akan berkembang biak dengan cara vivipar atau melahirkan.

Dengan cara apakah hewan belut berkembang biak ?

Belut akan berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur.

Baca Juga : Sel Hewan 

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi kalian semua, khususnya para pembaca.

Rate this post
Related posts: