Struktur Teks Eksplanasi

Posted on

Struktur Teks Eksplanasi – Tahukah anda jika didalam sebuah teks, terdapat beberapa struktur yang menyusunnya, bahkan yang membedakannya dengan teks yang lain. Struktur merupakan bagian dari sebuah teks itu sendiri, struktur ini artinya susunan. Nah agar dapat mengetahui apa saja bagian yang ada didalam struktur teks eksplanasi, marilah kita simak penjabaran dibawah ini beserta dengan hal-hal yang berkaitan didalamnya.

struktur teks eksplanasi

Pengertian

Teks Eksplanasi merupakan suatu bacaan ataupun paragraf dimana berisikan tentang informasi, terhadap proses bagaimana terjadinya suatu peristiwa maupun kejadian, serta mengapa hal itu terjadi baik itu mengenai alam ataupun sosial disekeliling lingkungan kita, yang mempunyai hubungan sebab-akibat serta proses.

Teks eksplanasi mempunyai ciri khusus yang membedakannya terhadap teks-teks yang lainnya, yaitu berisikan sebuah peristiwa yang mempunyai suatu sebab dan akibat.

Misalnya saja sebuah rumah tiba-tiba roboh, disamping robohnya rumah pasti terdapat suatu faktor yang bisa membuatnya roboh, seperti : kurangnya bahan, tidak kokoh didalam proses pembuatannya, terjadi suatu pelapukan kayu atau karena sebab lainnya.

Dengan adanya sebuah peristiwa, kita tidak hanya merasakannya saja melainkan bisa mendapatkan sebuah pelajaran atas semua yang terjadi, sehingga bisa lebih waspada serta bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Struktur Teks Eksplanasi

Nah tahukah anda bahwa struktur teks eksplanasi ini terdiri dari beberapa, yaitu sebagai berikut ini :

1. Pernyataan Umum

Pernyataan umum merupakan suatu paragraf dimana menjadi suatu inti maupun menjadi pembuka didalam suatu bacaan.

2. Urutan Sebab & Akibat

Maksudnya ialah mengenai uraian tentang apa yang sudah terjadi ataupun peristiwa yang sudah terjadi.

Baca Juga : Struktur Teks Negosiasi

3. Interpretasi

Interprestasi sendiri ialah suatu paragraf yang berisikan mengenai hal kesimpulan apa yang terjadi serta mengapa dapat terjadi ataupun bagaimana mengatasinya.

Nah struktur teks ekplanasi tersebut haruslah ada pada bacaan dimana menjelaskan mengenai suatu peristiwa, karena dengan adanya struktur teks eksplanasi ini, bacaan tersebut akan menjadi satu kesatuan.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Nah teks eksplanasi sendiri mempunyai ciri-ciri yang membedakannya terhadap teks yang lain, ialah sebagai berikut :

  1. Terdapat suatu pernyataan terhadap sebab dan akibat.
  2. Informasi ini telah dimuat berdasarkan fakta.
  3. Memuat sebuah pengetahuan seperti keilmiahan maupun ilmiah.
  4. Menceritakan suatu peristiwa ataupun kejadian.
  5. Struktur ini telah terdiri dari 3 bagian, yaitu : pernyataan umum, sebab-akibat serta interpretasi.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Nah disamping telah mempunyai ciri, teks eksplanasi mempunyai kaidah kebahasaan untuk menyusunnya yaitu sebagai berikut ini :

  1. Banyak mayoritas menggunakan kegiatan keilmiahan maupun ilmiah, seperti : pelajaran sains yang meneliti suatu kupu-kupu yang berawal dari kepompong.
  2. Umumnya menggunakan konjungsi waktu, seperti : pertama, sebelum, sesudah, setelah itu, jika, sehingga, bila, kemudian, selanjutnya, kedua, ketiga, dan lainnya.
  3. Teks eksplanasi sendiri ditulis bahwa sesuatu yang dipaparkan atau dijabarkan dan diinformasikan tersebut bersifat benar adanya, karena sifatnya ilmiah sehingga terdapat bukti yang harus valid atas penelitian tersebut.
  4. Didalam teks eksplanasi menggunakan kalimat pasif.

Baca Juga : Struktur Teks Deskripsi

Contoh Beserta Strukturnya

Pernyataan Umum:

Pengangguran adalah suatu hal yang tidak asing lagi yang didengar oleh telinga, serta menjadi permasalahan yang belum ada akhirnya. Banyak di Indonesia bahkan dari lulusan SD, SMP, SMA bahkan Sarjana pun masih pengangguran. Tetapi permasalahan ini masih terus terjadi saat banyaknya lulusan-lulusan yang belum mengerti serta tahu arah tujuan dan belum tau ingin bekerja apa. Tidak itu saja, pengangguran umumnya terjadi dikarenakan tidak kesesuaian bidang yang telah ia tekuni dan dikeluarkan dalam pekerjaan dikarenakan suatu hal yang melanggar dari peraturan pekerjaan tersebut, atau keluar dari pekerjaan karena tidak ada kecocokan antar teman maupun tidak cocok dengan gaji yang ia peroleh. Pengangguran banyak yang mengartikan bahwa orang yang tidak bekerja, orang yang sedang mencari pekerjaan dan tidak mempunyai pekerjaan tetap serta tidak berpenghasilan.

Sebab-Akibat :

Banyak faktor yang menjadikan pengangguran tersebar luas, yaitu minimnya lapangan pekerjaan. Tiap lapangan pekerjaan mempunyai pekerja yang berketerampilan berbeda-beda. Hal ini umumnya disyaratkan dengan lulusan minimal S1 ataupun yang berpengalaman dibidang yang sedang dicari lowongan pekerjaan. Hal tersebut menjadikan masyarakat terbebani serta persyaratan tersebut. Tetapi dengan adanya persyaratan tersebut dimana menuntut lulusan tinggi serta menjadikannya motivasi untuk belajar kejenjang yang lebih tinggi dan umumnya karena faktor ekonomi sehingga masyarakat lebih memilih tidak melanjutkan sekolah serta lebih memilih untuk bekerja.

Interpretasi :

Dari penjabaran diatas, maka pengangguran menjadi permasalahan yang serius untuk dicarikan bagaimana solusinya, yaitu dengan memberikan keterampilan kepada masyarakat yang pengganguran serta meluaskan lapangan pekerjaan. Sehingga dengan memberikannya keterampilan, mereka yang penggangguran bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan bisa menentukan apa yang cocok menjadikan bidang yang ia tekuni. Meluaskan lapangan pekerjaan juga dapat sedikit membantu mengurangi pengangguran yang ada. Saat kita para mahasiswa dapat menanggapi permasalahan ini, maka berindak untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat yang memiliki banyak pengangguran maka gelar sarjana akan menjadi tidak sia-sia karena dapat bermanfaat untuk orang lain dan menyalurkan ilmunya kepada yang berniat menekuninya. Contoh saja batik, mahasiswa mengadakan workshp tentang batik ikat celup yang dapat dijangkau oleh masyarakat, dan mudah dilakukan oleh kebanyakan orang.

Dari situ akan muncul kekreatifitasan masyarakat dengan bisa menciptakan lapangan pekerjaan usaha kaos batik ikat celup dan lain sebagainya. Atau keterampilan lain misalnya merajut karena pengagguran kebanyakan dari kalangan perempuan yang dituntut hanya dirumah saja, denga merajut akan bisa dilakukan didalam rumah. Dan dengan seiring berkembangnya zaman dapat memanfaatkan teknologi yakni telepon genggam yang dapat mengakses dipenjuru dunia. Dengan menjual rajutan atau batik ikat celup pada online shop dan lain sebagainya.

Baca Juga : Struktur Teks Sejarah

Pada pembagian struktur teks eksplanasi diatas dapat disimpulkan bahwa pernyataan umum sebagai pembuka, sebab-akibat sebagai isi dan interpretasi sebagai penutup.

Jenis-Jenis Teks Eksplanasi

Didalam teks eksplanasi mempunyai beberapa jenis didalamnya, ialah sebagai berikut ini :

1. Teks Eksplanasi Tentang Alam

Teks ini memuat suatu tentang bacaan mengenai bencana alam, seperti : gempa, tsunami, gerhana bulan, angin topan, tanah longsor serta bencana lainnya dimana berhubungan terhadap alam.

2. Teks Eksplanasi Tentang Sosial

Teks ini memuat tentang peristiwa dimana terjadi di sekitar lingkungan kita, seperti : demo, rumah roboh, listrik putus, kemiskinan, pengangguran serta yang lainnya.

Pada teks eksplanasi ini bisa diuraikan menjadi banyak seperti mengenai tentang budaya, permasalahan perekonomian masyarakat ataupun masih banyak lainnya.

Apakah tujuan adanya teks eksplanasi?

Teks eksplanasi dibuat untuk menjelaskan sebuah proses terciptanya sesuatu yang telah terjadi secara alamiah, maupun proses bekerjanya fenomena alam ataupun sosial.

Bagaimana pola pengembangan teks eksplanasi?

1. Pola Pengembangan Deduktif
2. Pola Pengembangan Induktif
3. Pola Pengembangan Proses
4. Pola Pengembangan Contoh
5. Pola Pengembangan Kausalitas

Apa saja jenis yang termasuk didalam teks eksplanasi tersebut?

1. Teks Eksplanasi Tentang Alam
2. Teks Eksplanasi Tentang Sosial

Jadi, jika adik adik siswa/i khususnya masih dalam jenjang pendidikan yang masih binggung tentang struktur teks eksplanasi artikel dan lain lain, Maka makalah teks eksplanasi ini sudah cukup mewakili jawaban untuk adik adik semua.

Demikianlah pembahasan artikel struktur teks eksplanasi, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Struktur Teks Eksplanasi Rating: 5 Diposkan Oleh: Author RumusRumus.com