Bentuk Muka Bumi

Posted on

Bentuk Muka Bumi – Tahukah anda bahwa bumi yang kita pijak, tempati untuk melakukan, melaksanakan, menjalankan aktivitas setiap harinya ini memiliki bentuk muka bumi beraneka ragam didalamnya. Maka untuk lebih jelasnya mengenai apa saja aneka ragam bentuknya dimana yang ada di bumi ini yang tanpa disadari mungkin kita pernah menemukannya atau bahkan mengunjunginya. Berikut penjabaran secara rinci dan jelas mengenai tentang pembahasan artikel kali ini.

bentuk muka bumi

Penjelasan

Tahukah anda bahwa bumi yang kita tempati ini nyatanya tidak seutuhnya berbentuk bulat loh, hal ini karena mempunyai permukaan yang tidak rata atau dengan kata lain mempunyai bentuk permukaan bumi berbagai macam.

Nyatanya permukaan bumi ini ada yang berbentuk cembung ataupun berbentuk cekung, permukaan bumi berbentuk cembung, seperti : bukit, gunung maupun pegunungan. Sedangkan permukaan bumi berbentuk cekung, seperti : danau, lembah, maupun lautan.

Baca Juga : Rotasi dan Revolusi Bumi

Menurut bentuk atas permukaan bumi, terdapat dataran rendah maupun dataran tinggi dimana kondisi ini tidak hanya berlaku di daratan. Karena pada lautan juga mempunyai lembah yang dalam, gunung laut, punggung laut, lubuk laut, serta lainnya. Dengan begitu, maka relief permukaan bumi terdapat beraneka ragam dimana perbedaan tinggi rendanya.

Bentuk Muka Bumi Di Daratan

bentuk di daratan

Di daratan terdapat berbagai bentuk muka bumi yang dibedakan berdasarkan kondisi ataupun keadaan ialah sebagai berikut :

1. Sungai

Suatu jalur maupun penampungan dimana di lalui oleh air, dimana air tersebut bermula dari hulu ke hilir disebut dengan sungai. Sungai pada umumnya mempunyai mata air (hulu) yang berada tepat di kawasan pegunungan maupun terdapat di daratan dimana lebih tinggi, sehingga akhirnya bermuara di lautan.

2. Gunung

Suatu bentuk dari relief bumi dimana bentuknya menonjol disebut juga dengan gunung, dimana umumnya berada pada ketinggian.

3. Daratan

Pada daratan ini dapat dibedakan menjadi 2 jenis, ialah :

  • Daratan Tinggi
    Dikatakan daratan tinggi ini jika relief daratan tersebut mempunyai ketinggian di antara 400 – 1.000 m dimana dimulai dari permukaan air laut.
  • Daratan Rendah
    Dikatakan daratan rendah ini jika relief daratan tersebut hanya mempunyai ketinggian di antara 0 – 400 m.

4. Pegunungan / Perbukitan

Pada kawasan ini diartikan seperti daratan yang mempunyai sudut kemiringan lereng lebih besar jika di bandingkan terhadap daratan yang mempunyai ketinggian di atas 1.000 m dimana berada diatas permukaan laut.

5. Danau, Rawa, Waduk

Suatu daratan luas dimana daerahnya tersebut digenangi air maka disebut danau, jika daratan tersebut di genangi oleh air yang umumnya terdapat di daerah yang rendah maupun berada di daerah pantai disebut rawa. Selanjutnya jika bentuk danau dimaan dibuat oleh manusia maka disebut waduk.

6. Kota

Suatu tempat pemukiman dimana terdapat jalan raya serta berada tepat di ibukota disebut dengan kota.

Baca Juga : Akibat Dari Revolusi Bumi

Bentuk Muka Bumi Di Lautan

bentuk di lautan

Tahukah anda bahwa terdapat bentuk muka bumi dilautan, dimana kita tidak dapat melihatnya secara langsung. Hal ini dikarenakan keberadaan lokasinya yang berada dibawah permukaan air. Berikut masing – masing jenis dari ini ialah :

1. Palung Laut

Suatu dasar pada laut dimana memiliki kedalaman lebih dari >5.000 Meter dimana keadaannya ialah : curam, sempit, dalam, serta memanjang disebut dengan palung laut.

2. Dangkalan

Suatu dasar laut dimana berbentuk menjorok kearah lautan dimana berada pada kedalaman lebih dari >200 Meter disebut dengan dangkalan.

3. Ambang Laut

Suatu bentuk dasar laut dimana dangkal, namun memisahkan 2 lautan yang berbeda, dimana memiliki kedalam lebih dari >1.000 Meter disebut dengan ambang laut.

4. Gunung Laut

Suatu bentuk gunung dimana timbul pada dalam laut hingga ke permukaan, namun kakinya yang berada di dasar lautan disebut dengan gunung laut.

5. Lereng

Suatu dasar laut dimana mempunyai kedalaman sekitar 200 sampai pada 400 Meter dimana berupa kelanjutan dari dangkalan disebut dengan lereng.

6. Lubuk Laut

Suatu bentuk dasar laut dimana yang berbentuk cekung disebut juga dengan lubuk laut.

7. Punggung Laut

Suatu bentuk perbukitan dimana berada tepat di dasar lautan, yang jika muncul ke permukaan laut bisa menjadikannya sebagai pulau – pulau disebut dengan punggung laut.

Apa sajakah daerah persebaran bentuk muka bumi di Indonesia ?

Daerah persebaran bentuk muka bumi yang berada di indonesia yaitu : dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan, bukit serta gunung.

Bagaimana bentuk muka bumi di Negara Jepang ?

Bentuk muka bumi di Negara Jepang yaitu berbentuk kepulauan dimana dinamakan dengan “KEPULAUAN JEPANG”. Pulau yang berada di jepang diantaranya ialah :
1. Pulau Hokaido
2. Pulau Kyushu
3. Pulau Honsyu
4. Pulau Sakhalin

Berikan contoh bentuk muka bumi yang tidak terdapat di Negara Indonesia !

Bentuk muka bumi yang mungkin tidak ada di Indonesia ialah :lereng, palung laut, dangkalan, gunung laut, punggung laut, lubuk laut, ambang laut serta lainnya.

Baca Juga : Wawasan Nusantara

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi kalian semua, khususnya para pembaca.

Related posts: