Keunikan Pakaian Adat Bali

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai apa Keunikan Pakaian Adat Bali ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini.

keunikan pakaian adat bali

Apakah Keunikan Pakaian Adat Bali ?

Pendahuluan :

Indonesia adalah sebbuah negara yang kaya raya akan keanekaragamannya. Mulai dari keanekaragaman agama, suku, ras, serta budaya. Dalam aspek budaya terdapat banyak sekali jenis-jenis keberagamannya, seperti keberagaman rumah adat, keberagaman bahasa adat, keberagaman tariannya, hingga keberagaman pakaian adatnya. Nah berikut dibawah ini akan diulas beberapa keunikan dari pakaian adat Bali itu sendiri.

Pembahasan :

Nah setelah mengetahui pendahuluan diatas, berikut berbagai keunikan pada pakaian adat dari Bali ialah :

  1. Pakaian adat pria biasanya berciri khaskan menggunakan penutup kepala berupa udeng, dimana memakai atau menggunakan baju berupa jas berkerah ataupun berbagai jenis baju asal rapi, kamen, saput, keris, dan juga tak luput dengan selendang.
  2. Pakaian adat wanita biasanya berciri khaskan menggunakan sanggul, kebaya, kamen, bulang pasang, dan juga tak luput dengan selendang.
  3. Pada acara-acara resmi yang ada, pakaian adat pria dengan wanita biasanya tidak mempunyai penutup bahu serta lengan.
  4. Umumnya menggunakan aksesoris tambahan, berupa seperti : bunga. Tetapi jangan salah loh, ini bukan sembarang bunga, diantaranya seperti bunga cempaka kuning, bunga cempaka putih, serta bunga kamboja.
  5. Menggunakan bija atau mebija dimana diletakan di kening.
  6. Pakaian-pakaian yang digunakan biasanya identik dengan warna putih dimana dianggap suci.
  7. Seluruh komponen pakaian adat Bali melambangkan filosofi keagamaan, seperti berbagai bagian pakaian adat Bali dimana berwarna putih (melambangkan kesucian), kamen yang diikatkan di pinggang melingkar dari kiri ke kanan (melambangkan suatu darma), pemakaian selendang pada wanita (bermakna wanita Bali haruslah ingat terhadap ajaran darma dan siap mendidik putra putrinya kelak agar patuh terhadap orang tuanya), dan lain sebagainya

Demikianlah pembahasan artikel mengenai sebuah pertanyaan di atas, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Rate this post
Related posts: