Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini secara rinci dan semoga membantu anda didalam menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak anda.

mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa indonesia

Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia ?

Jawaban

Indonesia ialah salah satu negara dimana memiliki adat, ras, suku, bahasa serta kebiasaan yang beragam di tiap daerahnya. Tetapi, hal ini tidak membuat bangsa Indonesia terpecah – belah karena kita semua sebagai warga negara wajib menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia, dimana sebagai wujud kecintaan kita terhadap tanah air Indonesia.

Dengan usaha Indonesia untuk meraih persatuan bangsa dan keutuhan Negara Indonesia tidaklah mudah. Seiring waktu yang terbilang tidak sebentar, para pejuang bangsa dahulunya harus mengorbankan waktu, tenaga, serta harta bahkan nyawa sekalipun.

Persatuan dan kesatuan ialah senjata yang begitu ampuh bagi bangsa Indonesia dimana dalam rangka merebut, mempertahankan serta mengisi kemerdekaan. Arti persatuan terkandung bahwa bersatunya keanekaragaman menjadi satu kebulatan dimana utuh dan serasi. Persatuan Indonesia artinya persatuan bangsa dimana yang mendiami wilayah Indonesia.

Didalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia terjadi dalam proses secara dinamis serta berlangsung begitu lama, dikarenakan persatuan & kesatuan bangsa. Hal ini terbentuk dengan adanya proses yang tumbuh dari segala unsur sosial budaya masyarakat Indonesia dimana dengan jangka waktu yang lama.

Berbagai unsur sosial budaya itu bersifat kekeluargaan serta mempunyai jiwa gotong – royong. Keduanya ialah salah satu dari sifat pokok bangsa Indonesia dimana dituntun oleh asas kemanusiaan serta kebudayaan.

Tidak hanya itu, dengan persatuan dan keutuhan bangsa, kita bisa kuat dan dapat mencapai tujuan. Bangsa Indonesia akan lebih kuat jika seluruhnya bersatu, begitu sebaliknya jika kita terpecah belah maka bangsa ini akan lemah. Dalam menyatukan keanekaragaman bangsa Indonesia, kita mempunyai pegangan semboyan Bhinneka Tunggal Ika dimana berarti berbeda – beda namun tetap satu jua.

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika dianggap telah sesuai untuk menyatukan bangsa Indonesia. Dimana diketahui bahwa bangsa Indonesia ialah bangsa yang terdiri dari berbagai suku bangsa, ras, bahasa daerah, serta lain sebagainya.

Didalam mempererat serta memperkuat bangsa Indonesia, salah satunya kita perlu menghargai budaya suku lain didalam kehidupan sehari-hari. Beberapa cara yang harus dilakukan dimana untuk saling menghargai perbedaan suku bangsa yang ada, diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Tidak meremehkan dan menghina adat istiadat, kebiasaan, serta hasil kesenian suku bangsa lain.
  2. Tidak menganggap suku bangsa sendiri lebih baik dibandingkan suku bangsa lain.
  3. Menerima & menghargai budaya, suku, agama, serta adat istiadat orang lain.
  4. Mau bersosialisasi maupun mempelajari kebiasaan, adat istiadat, serta hasil kesenian suku bangsa lain.
  5. Memelihara, melestarikan, mengembangkan tradisi serta budaya yang terdapat di dalam masyarakat.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai sebuah pertanyaan di atas, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Related posts: