Rumus Kimia Etilena Glikol, Serta Kegunaan Dan Sifat Racunya

Posted on

Rumusrumus.com kali ini akan membahas tentang rumus kimia etilena glikol, dan juga menjelaskan tentang sifat racun etilena glikol  serta kegunaan etilena glikol pada mesin kendaraan

Pengertian Etilena Glikol

Etilen glikol dengan Nama IUPAC: 1,2-etanadiol ialah senyawa organik yang dipakai sebagai bahan mentah di dalam pembuatan fiber poliester, industri pabrik, serta (PET) polietilena tereftalat yang dipakai pada botol plastik. Ada sebagian kecil yang digunakan sebagai pendingin. Senyawa ini tak berwarna dan tak memiliki bau. Etilen glikol sedikit berbahaya, akan tetapi kasus keracunan akibat senyawa ini belum pernah terjadi.

Etilen (etena H2C=H2) memiliki berat molekul 28,0536 merupakan senyawa hidrokarbon olefinik yang paling ringan, cairan tak berwarna, gas yang sangat mudah terbakar, dan berbau manis. Senyawa ini terdapat dalam gas alam dan minyak bumi kotor, ataupun deposit bahan bakar fosil lainnya.

Akan tetapi etilen juga diperoleh dalam jumlah yang sangat besar dari berbagai macam proses thermal dan katalitik suhu tinggi dengan fraksi-fraksi minyak bumi dan gas alam sebagai bahan bakunya. Etilen glikol atau yang disebut juga Monoetilen Glycol, di dapatkan dari reaksi etilen oksida dengan air, merupakan agent antibeku yang dipakai pada mesin, Juga digunakan untuk bahan baku produksi polietilenterephthalate (PET) dan juga sebagai cairan penukar panas.

Etilen glikol merupakan senyawa organik yang bisa menurunkan titik beku pelarutnya dengan mengganggu pembentukan kristal es pelarut. Etilen Glikol berupa cairan jenuh, tak berwarna, tak berbau, berasa manis, dan larut sempurna di dalam air

Rumus Etilena Glikol

C2H6O2

molekul etilena glikol
molekul etilena glikol

Etilen Glikol berupa cairan tak memiliki warna, dengan aroma yang manis. Senyawa ini higroskopis dan larut sempurna dalam berbagai macam pelarut polar, seperti alkohol, air, eter glikol, dan aseton. namun Sedikit larut dalam pelarut nonpolar, seperti toluene, benzene, dikloroetan, dan klorofom. Etilenglikol sulit dikristalkan saat dingin, dia berbentuk senyawa yang sangat kental(viscous)

Sifat Racun Etilena Glikol

Etilen glikol cukup beracun dengan LDLO = 786 mg/kg bagi manusia. Bahaya utama terletak pada rasa senyawa ini yang begitu manis. Karena itu, anak-anak dan hewan sering tak sengaja mengonsumsinya melebihi dosis maksimal yang dibolehkan. saat terhirup, etilen glikol teroksidasi menjadi asam glikolat lalu kemudian menjadi asam oksalat, yang bersifat racun. Etilen glikol dan juga produk sampingnya yang beracun dapat menyerang sistem saraf pusat, ginjal maupun jantung serta dapat bersifat fatal andai tidak segera ditangani.

etilena glikol
etilena glikol

Produk antibeku yang dipakai pada kendaraan mengandung propilen glikol sebagai pengganti etilen glikol karena lebih aman, disebabkan karna rasanya yang tidak enak.

Kegunaan Etilena Glikol

Dalam kehidupan sehari-hari etilena glikol Sebagian besar dipakai sebagai bahan baku industri poliester yang merupakan bahan baku industri plastik dan tekstil. Selain itu kegunaan etilen glikol lainnya ialah sebagai bahan baku tambahan pada pembuatan cairan rem, cat, solven, alkyl resin, tinta ballpoint, tinta cetak, foam stabilizer, kosmetik, dan bahan anti beku.

Etilen Glikol juga merupakan senyawa alkohol. biasanya senyawa ini ditambahkan ke dalam air radiator mesin mobil. manfaat senyawa ini, berdasarkan sifat koligatifnya bisa menurunkan titik beku dan menaikkan titik didih air radiator pada mobil. titik beku yang diturunkan bisa mencegah air radiator menjadi beku pada saat mesin dalam keadaan mati dan pada suhu rendah. titik didih yang dinaikkan bisa mengurangi penguapan yang terjadi pada mesin tersebut.

Artikel terkait :


Baca Juga :