Perbedaan Ilmu Dan Pengetahuan

Posted on

Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan – Siapa yang tidak pernah mendengar kata ilmu dan pengetahuan. Hampir semua orang pasti  tahu ataupun hanya pernah mendengarnya saja meskipun sekilas. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui bahwa kedua kata tersebut memiliki makna yang berbeda.

perbedaan ilmu dan pengetahuan

Banyak orang beranggapan bahwa ilmu dan pengetahuan memiliki makna yang sama. Padahal sebenarnya justru terdapat perbedaan ilmu dan pengetahuan yang harus anda ketahui, berikut penjabarannya.

Pengertian Ilmu & Pengetahuan

Ilmu bisa diartikan sebagai pengetahuan mengenai suatu bidang dan sudah disusun secara sistematis berdasarkan suatu metode tertentu. Dengan begitu dapat menjelaskannya secara rinci, detail serta mempunyai kebenaran yang bersifat umum.

Pengetahuan sendiri adalah sebuah informasi yang telah diketahui oleh seseorang maupun sekelompok orang, namun kebenarannya masih belum di uji maupun di kaji. Pengetahuan biasanya ialah suatu hal dimana kita ketahui terhadap suatu objek, sehingga pengetahuan begitu mungkin menjadi ilmu jika sudah di uji dan di kaji kebenarannya.

Perbedaan Ilmu & Pengetahuan

Berikut merupakan ringkasan perbedaan antara ilmu dan pengetahuan :

Perbedaan Ilmu Pengetahuan
Karakteristik Memiliki sistem yang sudah tersusun secara sistematis Belum tersusun secara sistematis
Jangkauan Lebih luas Tidak terlalu luas
Metode Pembuktian Bersifat objektif Bersifat subjektif
Objek yang disampaikan Telah diuji dan dikaji Belum diuji dan dikaji
Kebenaran Harus bersifat umum dan universal Sesuai pemahaman sekelompok orang

Baca Juga : Perbedaan Internet Dan Intranet

Setelah melihat bagan tersebut berikut penjelasan dari masing-masing perbedaan :

1. Karakteristik

Karakteristik yang dimiliki ilmu antara lain suatu objek yang dikaji tersebut telah dijelaskan dan dijabarkan secara sistematis dengan metode-metode tertentu. Suatu ilmu pasti berlaku untuk umum dan telah diurutkan secara sistemastis sehingga dapat menjelaskan dengan rinci dari pertanyaan seperti 5W1H.

Objek ilmu sudah diteliti dengan benar sehingga menghasilkan suatu rumusan yang sudah disetujui oleh banyak pihak. Hal tersebut membuat ilmu begitu sulit untuk dibantah jika tidak melaksanakan riset terlebih dahulu, serta hal itu begitu berbeda terhadap pengetahuan.

Pengetahuan sendiri ialah suatu hal yang diketahui oleh seseorang tanpa melakukan riset terlebih dahulu. Sebuah pengetahuan tidak bisa dipelajari oleh umum karena belum atau tidak diuji kebenarannya. Sehingga objek suatu pengetahuan belum dapat disusun secara sistematis seperti ilmu.

Pengetahuan merupakan bagian dari ilmu, namun suatu pengetahuan haruslah diuji dan dikaji terlebih dahulu agar bisa dibuktikan kebenarannya dan menjadi sebuah ilmu.

2. Jangkauan

Ilmu menyajikan suatu hasil penelitian terhadap objek, dimana lebih luas jika dibandingkan dengan pengetahuan tersebut. Karena objek ilmu sudah diuji kebenarannya dan disusun secara urut maka akan mendapatkan hasil yang lebih rinci dan sangat luas. Hal itu berbeda dengan pengetahuan yang hanya dapat memberikan informasi yang tidak seluas seperti informasi yang diberikan oleh ilmu.

Baca Juga : Kerjasama Adalah

Pengetahuan yang umumnya dimiliki olah sekelompok orang saja tentunya tidak akan sejelas dan serinci seperti yang dijabarkan oleh ilmu. Misalnya pengetahuan mengenai cara membedakan jenis kelamin pada burung. Menurut pengetahuan seseorang pecinta burung tentu bisa menjabarkan secara jelas, tetapi hanya sebatas pengetahuan orang tersebut saja.

Berbeda dengan Ilmu yang akan menyajikan pengertian suatu objek secara luas dan rinci. Hal itu karena ilmu telah melalui proses penelitian dan telah diuji sehingga dapat menjawab segala pertanyaan yang berhubungan dengan objek yang dikaji. Berbeda dengan pengetahuan yang bisa dibantah dan kadang belum bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar objek pengetahuan tersebut.

Ilmu mencakup pengetahuan, jadi dengan belajar suatu ilmu anda akan mendapatkan pengetahuan-pengatahuan. Hal itu berbeda jika seseorang mengetahui sebuah pengetahuan, karena hal itu belum tentu anda akan mendapatkan ilmu secara keseluruhan. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa jangkauan ilmu lebih luas dibandingkan jangkauan pengetahuan.

3. Metode Pembuktian

Perbedaan yang begitu terlihat ialah pada metode pembuktian ilmu bersifat objektif sedangkan pengetahuan bersifat subjektif. Ilmu memiliki suatu syarat ilmiah agar bisa disebut dan menjadi suatu ilmu dan salah satunya adalah harus objektif.

Objek kajian dari ilmu haruslah dicari kebenaran dan harus dibuktikan secara objektif. Hal itu karena ilmu harus memberikan kepastian dari objek yang telah dikaji dan tentunya bisa diyakini dengan benar keabsahannya. Fakta dan data penelitian dari objek ilmu haruslah disusun secara objektif sesuai dengan fakta yang ada.

Hal itu berbeda dengan pengetahuan yang memiliki sifat subjektif karena menurut pemikiran seseorang atau sekelompok orang saja. Pengetahuan yang belum atau bahkan tidak diuji kebenarannya ialah hanya asumsi belaka dari manusia. 

4. Objek Yang Disampaikan

Objek kajian suatu ilmu harus dilakukan penelitian menurut metode tertentu agar meminimalisir terjadinya kesalahan. Kepastian dan kebenaran dari suatu ilmuharuslah tidak terbantahkan karena telah melalui proses pengkajian.

Berbeda dengan pengetahuan, ilmu mempunyai penjelasan yang lebih logis karena telah dibuktikan atau dilakukan kebenarannya.

5. Kebenaran

Suatu ilmu telah dipastikan kebenarannya karena sudah melalui proses penelitian dimana didukung oleh fakta-fakta. Sedangkan pengetahuan, kebenarannya masih tidak pasti karena belum dipastikan secara ilmiah.

Baca Juga : Ibid adalah

Apa yang dimaksud filsafat ilmu ?

Ilmu merupakan sebuah rangkaian aktivitas penelaahan yang mencari penjelasan dengan menggunakan sebuah metode untuk memperoleh pemahaman secara rasional empiris untuk menguji kebenarannya.

Apa yang dimaksud ilmu sosial ?

Ilmu sosial merupakan sebuah atau sekelompok disiplin akademis, dimana mempelajari aspek-aspek yang khusus berhubungan terhadap manusia serta lingkungan sosialnya.

Sebutkan ciri-ciri ilmu !

1. Mempunyai atau memiliki suatu dasar pembenaran
2.  Penyusunan bersifat sistematik
3.  Bersifat intersubjektif

Demikianlah pembahasan artikel perbedaan ilmu dan pengetahuan, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.