Perbedaan Statistik Dan Statistika

Posted on

Perbedaan Statistik Dan Statistika – Kata statistik dan statistika mungkin ditelinga dan yang kalian paham pastilah sama keduanya, padahal keduanya sangatlah berbeda loh. Statistik dan Statistika tentulah sering ditemui maupun dijumpai khususnya bagi para pelajar yang sedang mengemban pendidikan. Nah agar kalian tahu apa perbedaan antara kedua kata ini, simaklah penjabaran secara rinci dibawah ini.

perbedaan statistik dan statistika

Pengertian Statistika

Sebuah ilmu dimana mempelajari tentang bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, serta mempresentasikan data disebut sebagai statistika.

Jadi, statistika merupakan ilmu dimana berkaitan terhadap data. Sedangkan statistika menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) merupakan ilmu mengenai cara mengumpulkan, menabulasi, menggolong -golongkan, menganalisis, serta mencari keterangan dimana berarti dari data yang berupa angka.

Baca Juga : Teknik Analisis Data Kualitatif

Pengertian Statistik

Merupakan suatu hasil data dimana disajikan dengan bentuk grafik, tabel dan sejenisnya disebut dengan statistik. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), ialah catatan berupa angka – angka / bilangan dimana dikumpulkan, ditabulasi, lalu digolong – golongkan sehingga bisa mendapatkan informasi yang berarti terhadap sebuah masalah maupun gejala yang sedang diteliti.

Fungsi & Peranan Statistika

Suatu statistika agar mendapatkan fungsi secara maksimal, maka harus melaksanakan penerapan statistika dan statistik secara menyeluruh dimana dimulai dari mengambil data hingga penarikan sebuah kesimpulan. Berikut terdapat beberapa fungsi serta peranan didalamnya :

  1. Statistik sendiri menggambarkan data dimana dalam bentuk tertentu
  2. Statistik bisa menyederhanakan data dimana bentuk kompleks menjadi data yang begitu mudah dimengerti
  3. Statistik adalah suatu teknik dimana untuk membuat sebuah perbandingan
  4. Statistik bisa memperluas sebuah pengalaman individu
  5. Statistik bisa mengukur besaran atas suatu gejala
  6. Statistik bisa menentukan hubungan yang terjadi karena sebab akibat tertentu

Kegunaan statistik pun dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan informasi dan kesimpulan yang didapatkan untuk pengambilan keputusan dan kebijakan.

Macam – Macam Metode

Ada beberapa macam metode penelitian statistika yang digunakan, dimana secara umum dibedakan menjadi dua jenis, berikut penjelasan secara rincinya :

1. Statistika Deskriptif

Sebuah teknik statistik dimana memberikan informasi mengenai sebuah data yang dimilikinya, dimana analisis ini bukan bermaksud agar menguji hipotesis. Statistik deskriptif ini digunakan sebagai penyajian serta penganalisisan data dimana supaya lebih bermakna serta komunikatif.

2. Statistika Inferensial

Suatu teknik dimana berkaitan dengan analisis data atau dikenal dengan sampel, dimana digunakan untuk dilakukan suatu kesimpulan yang akan digeneralisasikan terhadap semua subjek data yang akan diambil atau dikenal dengan populasi.

Statistika inferensial ini diharuskan berdasar terhadap statistika deskriptif, dengan begitu kedua – duanya diharuskan ditempuh dengan secara benar untuk didapatkan kegunaan secara maksimal atas statistika ini.

Baca Juga : Konsep Ruang Dan Waktu Dalam Sejarah

Perbedaan Statistik & Statistika

Nah agar kalian lebih paham akan perbedaan antara statistik dengan statistika ialah sebagai berikut :

Perbedaan Statistik Statistika
Defini Suatu pengolahan hasil data dimana biasanya disajikan dengan bentuk tabel, grafik, diagram, serta sebagainya. Suatu metode ilmiah dimana mengenai sebuah cara mengumpulkan, mengelola, menganalisa penyajian data, menginterpretasi, serta mempresentasikan data.
Tujuan Biasanya bertujuan mempermudah terhadap interpretasikan sebuah data serta digunakan untuk tujuan tertentu. Bertujuan untuk mendapatkan sebuah gambaran terhadap sekumpulan data dimana telah dikaji, dengan begitu akan bisa ditarik sebuah kesimpulan dari data tersebut.
Klarifikasi 1. Gambaran data dapat melalui angka maupun bukan angka dimana dalam bentuk diagram, grafik, tabel, atau sejenisnya.
2. Gambaran data dapat mewakili objek maupun sebagai sample atau populasi dimana dalam bentuk ukuran.
1.       Statistika deskriptif
2.       Ststistika inferensia
Metode Penelitian Kumpulan data bisa berupa suatu bilangan maupun non bilangan, dimana telah dikelola terhadap proses statistika. Dengan mengadakan survei maupun eksperimen.
Mengapa mahasiswa membutuhkan statistik ?

Mahasiswa ialah salah satu kalangan dimana pengguna statistik dalam akademis, sebagai contoh bagaimana seorang mahasiswa calon sarjaana kedokteran yang hendak melakukan tes darah untuk mengetahui penyakit yang diderita pasiennya, apakah akan mengambil seluruh darahnya ?. Tentu hal ini tidak mungkin, maka dari itu diperlukannya mengambil beberapa sampel yang dibutuhkan

Jelaskan beberapa kegunaan statistik dan statistika !

Berikut beberapa kegunaannya :
1. Agar memprediksi calon dimana akan terpilih terhadap sebuah pemilihan umum atau pemilu dalam bidang politik maupun pemerintah.
2. Agar mengetahui dampak yang ditimbulkan dari munculnya sebuah kebudayaan asing terhadap kebudayaan lokal yang ada di daerah tertentu dimana hal ini dalam bidang sejarah, sastra serta budaya.
3. Agar mengetahui bibit mana yang sekiranya unggul untuk digunakan, dimana hal ini dalam bidang pertania.
4. Agar mengetahui faktor – faktor apa yang terjadi terhadap kenaikan maupun penurunan suatu penjualan, hal ini dalam bidang marketing
5. Agar mengetahui kegunaan serta efek obat terhadap penyakit tertentu, hal ini dalam bidang kedokteran

Apakah skala pengukuran yang digunakan dalam statistik maupun statistika ?

1. Skala Nominal
2. Skala Ordinal
3. Skala Interval
4. Skala Ratio

Baca Juga : Sarana Dan Prasarana

Demikianlah pembahasan artikel Perbedaan Statistik Dan Statistika kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.