Rumus Kimia Amonium Sulfat Serta Pengertian Dan Kegunaanya

Posted on

Rumusrumus.com kali ini akan membahas tentang rumus kimia amonium sulfat, meliputi rumus amonium sulfat, pengertian amonium sulfat, pembuatan amonium sulfat, serta kegunaan amonium sulfat berikut penjelasan detailnya

Pengertian Amonium Sulfat

Amonium sulfat yang memiliki rumus kimia (NH4)2SO4 ialah garam anorganik yang mempunyai beberapa kegunaan, misalnya sebagai pupuk pengaya hara tanah ataupun sebagai bahan tambahan makanan. Amonium sulfat mengandung 21% unsur nitrogen dan mengandung 24% unsur belerang.

Amonium sulfat dapat mengalami penguraian apabila dipanaskan sampai suhu 250 °C, dan pertama-tama membentuk amonium bisulfat. andai dipanaskan pada suhu yang lebih tinggi, amonium sulfat dapat terurai menjadi amonia. sulfur dioksida, nitrogen, dan air

Rumus Amonium Sulfat

(NH4)2SO4

amonium sulfat
amonium sulfat

Pembuatan Amonium Sulfat

Pembuatan Amonium Sulfat pada Proses Fase Gas–Liquid Amonia dan Asam Sulfat (Proses Netralisasi) pada umumnya dibagi menjadi empat tahap yaitu:
1. penyiapan bahan baku
2. Tahap reaksi netralisasi
3. Tahap pemisahan dan pengeringan
4. dan terahir pengepakan

Kegunaan Amonium Sulfat

Kegunaan yang paling utama dari amonium sulfat ialah sebagai afertilizer untuk tanah alkali. Di dalam tanah, ammonium ion dirilis dan keseimbangan bentuk menurunkan pH tanah,memproduksi jumlah asam, sementara kontribusi nitrogen yang paling penting untuk pertumbuhan tanaman. Kerugian utama dengan penggunaan amonium sulfat ialah kandungan nitrogen yang kecil dibandingkan dengan amonium nitrat, yang mengangkat biaya transportasi.

Itu juga dipakai sebagai ajuvan pertanian semprotan air larut insektisida, herbisida maupun fungisida. Ada fungsi untuk mengikat kation zat besi dan kalsium yang ada dalam sel-sel air dan tanaman kedua juga. Hal ini yang terutama efektif sebagai ajuvan untuk 2, 4-D (amine), glifosat dan glufosinate herbisida.

Amonium sulfat akan bertemu jangka pendek pada belerang defisit tanaman dan rumput, tanaman kualitas persyaratan atau persyaratan pemeliharaan belerang dari rumput.
Amonium sulfat Granular ialah yang paling utama hingga direkomendasikan untuk situasi subur dan tanam, mengisi silo dan biji drrilling. Digunakan dalam Cropmaster, 31 amunisi, dan amunisi 36 campuran.

Amonium sulfat standar dianjurkan sebagai campuran pastoral dan penyiaran.

  • Penggunaan laboratorium

Di dalam biokimia, amonium sulfat curah hujan ialah metode umum untuk memurnikan protein oleh selektif curah hujan, Amonium sulfat sangat larut dalam air hingga bisa membuat solusi yang sangat terkonsentrasi, yang dapat andquot; garam outandquot. protein, menyebabkan mereka curah hujan pada konsentrasi tertentu. menyediakan aconvenient dan cara sederhana untuk fraksinasi campuran kompleks protein. Dengan begitu, amonium sulfat juga tercatat sebagai bahan untuk vaksin per pusat pengendalian penyakit

  • Aditif makanan

Sebagai afood aditif, amonium sulfat dianggap mampu dan di akui sebagai aman (GRAS) oleh U. S. Food and Drug Administration, dan Uni Eropa ditetapkan oleh Enumber E517. Hal ini difungsikan sebagai pengatur keasaman dalam tepung maupun roti.

  • Kegunaan lain

Amonium sulfat digunakan untuk memproduksi skala dalam penyusunan garam amonium lainnya, utamanya pada amonium persulfate.
Larutan jenuh amonium sulfat di air berat (2H2O) difungsikan sebagai standar eksternal dalam belerang (33S) NMR spektroskopi dengan pergeseran nilai 0 ppm.

Amonium sulfat juga dipakai dalam komposisi tahan api bertindak lebih seperti misalnya diammonium fosfat. Sebagai terbakar retardant, itu menurunkan tingkat kerugian berat maksimum,menurunkan suhu pembakaran bahan, dan menyebabkan peningkatan produksi residu . Kemanjurannya tahan api bisa ditingkatkan dengan cara memadukan dengan amonium sulfamate.

Amonium sulfat sudah digunakan sebagai pengawet awood, akan tetapi karena sifat higroskopis, penggunaan ini sudah sebagian besar dihentikan karena masalah yang terkait dengan logam pengikat korosi

Artikel Terkait :

Rumus asam sitrat serta pengertian dan kegunaanya


Baca Juga :