Rumus C Ke K Mengubah Suhu Celcius Jadi Kelvin

Posted on

Rumus mengenai skala suhu memang sangat beragam. Mengingat skala suhu tak hanya satu atau dua saja, melainkan ada empat. Sebut saja skala suhu Celcius (C), Reamur (R), Fahrenheit (F), dan Kelvin (K). Setelah sebelumnya kami mengulas mengenai rumus C ke F, kali ini kami akan bagikan info mengenai rumus C ke K. Sama halnya rumus skala suhu lainnya, rumus Fisika yang satu ini penting untuk diketahui dan dipelajari.

Suhu Celsius

Sebelum membahas rumus C ke K secara mendetail, alangkah baiknya jika anda mengetahui apa itu suhu Celcius terlebih dahulu. Walaupun pada dasarnya ditetapkan dari titik beku air serta nantinya juga titik didih es, skala Celsius resmi menjadi skala yang didapatkan. Hal ini ditetapkan dalam hubungannya dengan skala suhu Kelvin. Nol dalam skala suhu Celsius sama dengan 273.15 K. Diketahui, dengan perbedaan temperatur 1 derajat Celsius sama dengan perbedaan dari 1 K. Hal ini berarti bahwa satuan dari setiap ukuran itu sama. Dalam 100 °C, sebelumnya telah ditetapkan sebagai titik didih dari air. Besaran ini sama dengan 373.15 K.

Perlu anda ketahui, skala Celsius merupakan sistem selang namun bukan sistem rasio. Hal ini berarti ia mengikuti skala relatif, akan tetapi bukan skala pasti. Ini bisa jelas terlihat karena selang suhu berkisar antara 20 °C dan 30 °C sama dengan selang suhu yang berkisar antara 30 °C and 40 °C. Hanya saja, 40 °C tak memiliki dua kali energi panas dari 20 °C. Perbedaan temperatur dari 1 derajat C sama halnya dengan perbedaan temperatur 1.8 °F.

Suhu Kelvin

Skala Kelvin merupakan skala temperatur dimana nol absolut didefinisikan sebagai 0 K. Satuan untuk skala Kelvin ialah kelvin (lambang K). Kelvin ini adalah salah satu dari tujuh unit dasar SI. Satuan kelvin ini didefinisikan oleh dua fakta, yakni nol kelvin merupakan nol absolut dimana saat gerakan molekuler berhenti pada termodinamika serta satu kelvin merupakan pecahan 1/273,16 dari temperatur termodinamika triple point air (0,01°C). Skala temperatur Celsius saat ini didefinisikan yang berdasarkan Kelvin. Skala temperatur Kelvin memakai derajat nol sebagai nol mutlak, tak seperti skala suhu Fahrenheit ataupun Celsius.

Rumus C Ke K

Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa rumus C ke K ialah sebagai berikut.

K = C + 273.15
K – 273.15 = C

Ketetapan serta bukti eksperimen skala Celcius pada titik nol mutlak ialah -273.15 ºC.

Contoh Soal

Diketahui, suatu suhu sebesar 50° Celcius. Konversikan suhu Celcius tersebut ke suhu Kelvin.

Penyelesaian

K = C + 273
K = 50 + 273
Kelvin = 323

maka 50 ºC = 323 Kelvin

Menghitung Celsius Menjadi Kelvin

Untuk menghitung Celcius ke Kelvin, anda bisa siapkan pensil dan kertas di meja anda terlebih dahulu. Setelah itu, ambil kalkulator. Cari temperatur yang ingin anda ubah. Dalam hal ini, temperatur Celcius menjadi Kelvin. Selanjutnya, ukur suhu dalam satuan derajat Celsius. Kemudian tambahkan 273,15 ke angka tersebut. Kelvin dikategorikan sebagai 1/273,15 temperatur termodinamika dari titik rangkap tiga atau triple point air.

Bagi anda yang ingin mencoba langkah penghitungan Celcius menjadi Kelvin yang satu ini, anda hanya perlu menyiapkan kalkulator, pena, kertas, dan suhu dalam Celsius. Untuk bisa membaca suhu dalam berbagai jenis disiplin ilmu, maka anda harus belajar mengubah Celsius menjadi Kelvin. Dengan latihan yang rutin, anda mungkin bisa melakukan hal ini hanya dengan membayangkannya di kepala anda tanpa menggunakan kalkulator. Ikuti rumus C ke K.


Baca Juga :