Mengetahui Rumus Gaya, Sifat dan Berbagai Macam Jenisnya

Posted on

Gaya merupakan sebuah tarikan maupun suatu dorongan yang terjadi dalam suatu benda. Kemudian, gaya juga bisa menimbulkan perubahan posisi, gerak maupun perubahan bentuk pada benda. Gaya disimbolkan menggunakan huruf F (Force) dan Satuan Gaya dalam SI (Satuan Internasional) yaitu Newton, simbolnya menggunakan N. Pengukuran gaya juga bisa dilakukan menggunakan alat yang dinamakan dengan dinamometer atau neraca pegas. Berikut ini akan dijelaskan mengenai sifat, satuan dan rumus gaya.

Rumus Gaya

Sifat-sifat Gaya

Gaya memiliki beberapa sifat, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Gaya bisa mengubah arah gerak benda
  • Lalu, gaya dapat mengubah bentuk benda
  • Gaya dapat mengubah posisi benda yaitu dengan menggerakkan maupun memindahkannya

Satuan dan Rumus gaya

Gaya dirumuskan menggunakan tiga rumusan dasar yang ada kaitannya dengan gerak benda, antara lain yaitu hukum newton 1, 2, dan 3.

a. Hukum Newton 1

Apabila Resultan yang bekerja dalam sebuah benda sama dengan nol, maka benda yang awalnya diam akan tetap diam. Kemudian untuk benda yang bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus beraturan.

Jadi, rumus hukum newton 1 yaitu :

∑F = 0

Keterangan :

∑F = resultan gaya (Kg m/s2)

b. Hukum Newton 2

Percepatan (Perubahan dari kecepatan) gerak benda akan berbanding lurus dengan resultan gaya yang bekerja dalam suatu benda. Lalu juga berbanding terbalik dengan massa benda.

Jadi Rumus Hukum Newton 2 adalah :

∑F = m.a

Keterangan :

∑F = resultan gaya (Kg m/s2)
m = Massa Benda (Kg)
a = percepatan (m/s2)

c. Hukum Newton 3

Setiap Aksi akan menimbulkan reaksi, apabila benda mengerjakan gaya pada benda kedua maka, benda kedua akan membalas gaya dari benda pertama yang arahnya berlawanan.

Jadi Rumus Hukum Newton 3 adalah :

∑FAKSI = -∑FREAKSI

Macam-Macam Gaya

1. Untuk gaya dibagi menjadi 2 jika berdasarkan sentuhannya, yaitu :

a. Gaya Sentuh

Gaya Sentuh merupakan gaya yang bekerja dengan sentuhan. Jika tidak terjadi sentuhan, maka gaya tidak akan bekerja dalam suatu benda.

b. Gaya Tak Sentuh

Gaya tak sentuh merupakan gaya yang akan bekerja tanpa terjadinya sentuhan. Artinya Efek dari gaya yang dikeluarkan oleh sumber gaya bisa dirasakan oleh benda meskipun tidak bersentuhan.

2. Berdasarkan Jenis Gaya

Perlu kita ketahui, jika ada 7 jenis gaya utama, diantaranya :

a. Gaya Otot

Untuk gaya otot adalah gaya yang dilakukan oleh makhluk hidup yang punya otot. Gaya gaya otot merupakan ke dalam kelompok gaya sentuh.

b. Gaya Pegas

Gaya pegas merupakan suatu gaya dihasilkan oleh sebuah pegas. Jenis gaya ini terjadi karena adanya sifat keelastisan suatu benda.

c. Gaya Gesek

Gaya gesek merupakan gaya yang timbul sebab terjadinya persentuhan langsung antara dua permukaan benda. Untuk jenis gaya ini termasuk gaya yang arahnya terus berlawanan dengan arah gerak benda maupun arah gaya luar.

d. Gaya Mesin

Gaya mesin merupakan gaya yang dihasilkan oleh kerja mesin, bersama berkembangnya teknologi, mesin saat ini bisa canggih dan bisa membantu aktivitas manusia.

e. Gaya Gravitasi Bumi (Gaya Berat)

Untuk gaya gravitasi bumi merupakan gaya tarik bumi pada seluruh benda bermassa yang ada di permukaannya.

f. Gaya Magnet

Gaya magnet merupakan gaya pada magnet yang bisa menarik benda – benda tertentu. Benda yang bisa ditarik oleh magnet dinamakan benda magnetis.

g. Gaya Listrik

Gaya Listrik merupakan gaya yang dihasilkan oleh benda – benda yang memiliki muatan listrik pada medan listrik.

Rumus gaya memiliki manfaat dalam sehari-hari. Misalnya gaya gesek sangat bermanfaat sekali bagi kita misalnya saja pada rem. Jika rumus kimia amonia bisa digunakan untuk menghasilkan reaksi. Kemudian untuk rumus kimia asam sulfat juga memungkinkannya berguna sebagai pembersih karat.


Baca Juga :