Verba Material

Posted on

Verba Material Terdapat beberapa verba maupun kata kerja, dimana salah satunya ialah verba material. Dimana kali ini akan dibahas secara rinci dan jelas mengenai verba ini, berikut penjabarannya secara jelas agar anda dapat membedakannya dengan verba jenis lainnya.

verba material

Pengertian

Suatu kata kerja dimana berimbuhan yang mengacu terhadap tindakan fisik dimana bisa dilihat dengan nyata oleh partisipan yang melaksanakan sesuatu dapat disebut dengan aktor ialah Verba Material.

Sebagai contoh ialah menari, membaca, serta menulis, dimana kalimat dari verba material ialah Aktor (Subjek) + Verba Material + Sasaran (Objek).

Contoh kalimatnya : Ayah membaca koran, dimana Ayah (S/Aktor) membaca (Verba Material) koran (O/Sasaran)

Berikut beberapa contoh kata verba material :

  • Mengendarai
  • Mengetik
  • Menebang
  • Memeluk
  • Menulis
  • Menggambar
  • Mencabik
  • Menendang
  • Menyium
  • Mendengar
  • Memukul
  • Meraba
  • Mewarnai
  • Memakan
  • Memasak
  • Menyuci
  • Menyapu
  • Memotong
  • Mencubit
  • Meremas

Ciri – Ciri

Berikut beberapa ciri – ciri mengenai verba material, ialah sebagai berikut :

  • Terjadi pada sebuah peristiwa maupun kejadian,
  • Dibentuk mulai dari kata benda atau nomina.
  • Dapat dilihat dengan atau secara real / nyata,
  • Berupa perbuatan fisik atau aktivitas dari partisipan tersebut.

Baca Juga : Teks Tanggapan Kritis

Contoh Kalimat

Kalimat merupakan satuan bahasa terkecil, dimana terwujud sebagai lisan ataupun tulisan yang mengungkapkan pikiran dengan atau secara utuh. Dengan adanya perwujudan lisan, kalimat biasanya diungkapkan dengan suara yang naik atau turun, lemah atau lembut, diiringi dengan jeda, serta aka diakhiri dengan intonasi yang tepat. Berikut beberapa contoh kalimat pada verba material ialah :

  1. Kata “Memukul”
    Contoh kalimat : Polisi itu memukul dengan pukulan yang sangat keras pada penjahat.
  2. Kata “Melihat”
    Contoh kalimat : Pina melihat kapal itu berangkat dengan cepat di Pelabuhan.
  3. Kata “Menebang”
    Contoh kalimat : Para pengusaha itu menebang hutan secara liar dengan tidak memperhatikan efek bagi ekosistem yang ada.
  4. Kata “Menulis”
    Contoh kalimat : Nisa menulis buku cerpen nya dimana kurang lebih 1 tahun telah dilewatinya.
  5. Kata “Mengendarai”
    Contoh kalimat : Wan mengendarai mobil lamborgini nya secara lihai serta terlatih.

Jenis – Jenis Verba

Suatu kata dimana menunjukkan sebuah aksi, peristiwa, maupun keadaan disebut juga dengan verba. Verba sendiri di bagi atas 6 (enam) bagian, ialah mulai dari : verba material, verba mental, verba relasional, verba verbal, verba perilaku, serta eksistensial .

Berikut masing – masing penjelasannya secara rinci dan lengkap ialah :

1. Verba Material 

Verba material ialah yang telah dijabarkan diatas secara rinci dan jelas.

2. Verba Eksistensial

Suatu verba dimana menunjukkan keberadaan sesuatu (sebagai contoh : ada, terdapat, dan lainnya) disebut juga dengan verba eksistensial. Namun, partisipan pada verba ini dikenal dengan eksisten, dan umumnya terletak di belakang verba tersebut.

Contoh kalimatnya : Ada dua perguruan tinggi di Bandung, dimana Ada/terdapat ialah (verba eksistensial), dua perguruan tinggi negeri ialah (eksisten) di Bandung.

3. Verba verbal

Suatu verba dimana menunjukkan pemberitahuan ataupun pewartaan, sebagai contoh : memberitahukan, mengatakan, dan lainnya disebut juga dengan verba verbal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa verba verbal terdapat partisipan pewicara serta juga wicara.

Contohnya seperti : Ayah (pewicara), berkata (verba verbal): Saya lelah (wicara) maupun ayah (pewicara) berkata (verba verbal) bahwa ia lelah (wicara).

4. Verba Mental

Suatu verba dimana menerangkan persepsi (sebagai contohnya : melihat, merasa, dan lainnya), afeksi (sebagai contohnya : suka, khawatir, dan lainnya), serta kognisi (sebagai contohnya : berpikir, mengerti, dan lainnya) disebut juga dengan verba mental.

Didalam verba mental terdapat partisipan pengindera (senser) serta fenomena, sebagai contoh : Ayah mendengar kabar itu. Ayah sebagai pengindera, mendengar sebagai verba mentalnya, serta kabari itu sebagai fenomenya.

Baca Juga : Teks Editorial

5. Verba Relasional

Suatu verba dimana menunjukkan hubungan antar intensitas (dimana mengandung pengertian A ialah B), sirkumstansi (dimana mengandung pengertian A pada ataupun di dalam B), serta milik (dimana mengandung pengertian A memiliki si B) disebut juga dengan verba relasional.

Verba pertama ini tergolong ke dalam verba relasional identifikatif, sebaliknya verba kedua serta ketiga ini tergolong ke dalam verba relasional atributif.

Pada verba relasional identifikatif terdapat sebuah partisipan token (token) maupun teridentifikasi (identified) serta nilai (value) maupun pengidentifikasi (identifier).

Berikut beberapa contoh kalimatnya ialah :

  • Ayah pelindung keluarga. Dikatakan verba relasional bahwa Ayah (token) merupakan (verba relasional identifikatif) dan juga pelindung keluarga (nilai). Pada verba relasional atributif terdapat partisipan penyandang (carrier) serta sandangan (attribute).
  • Ayah mempunyai mobil baru. Jadi, Ayah ialah (penyandang) mempunyai ialah kata (verba relasional atributif) serta mobil baru (sandangan).

6. Verba Perilaku

Suatu verba dimana menunjukkan perilaku, baik fisik ataupun psikologis disebut juga dengan verba perilaku. Pertama, verba perilaku verbal ialah verba dimana menunjukkan perpaduan antara ucapan terhadap verba verbal serta tindakan pada verba material (sebagai contoh : memuji, menggerutu, menertawakan, dan lainnya).

Selanjutnya yang kedua disebut verba perilaku mental ialah verba dimana menunjukkan perpaduan antara ungkapan perasaan terhadap verba mental dan juga tindakan pada verba material (sebagai contoh : mengagumi, mencintai, dan lainnya).

Didalam verba perilaku terdapat partisipan pemerilaku (behaver) serta juga sasaran (tidak harus ada). Dimana untuk verba perilaku verbal, sedangkan pemerilaku dan fenomena untuk verba perilaku mental.

Berikut beberapa contoh pada jenis masing – masing ini :

  • Verba pemerilaku verbal : Ayah menggerutu, dimana ayah sebagai pemerilaku, dan menggerutu sebagai verba pemerilaku verbal.
  • Verba perilaku mental : Ayah mencintai kami, dimana ayah sebagai pemerilaku, mencintai sebagai verba perilaku mental, dan kami sebagai fenomena.
Apa yang dimaksud dengan verba relasional ?

Suatu verba dimana menunjukkan hubungan antar intensitas (dimana mengandung pengertian A ialah B), sirkumstansi (dimana mengandung pengertian A pada ataupun di dalam B), serta milik (dimana mengandung pengertian A memiliki si B) disebut juga dengan verba relasional.

Apa yang dimaksud verba ?

Suatu kata dimana menunjukkan sebuah aksi, peristiwa, maupun keadaan disebut juga dengan verba.

Berikan contoh mengenai verba material !

Ayah membaca koran, dimana Ayah (S/Aktor) membaca (Verba Material) koran (O/Sasaran)

Baca Juga : Kalimat Simpleks dan Kompleks

Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai Verba Material, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi kalian semua, khususnya para pembaca.

Rate this post
Related posts: