Apa Yang Dimaksud Dengan Orientasi

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Apa Yang Dimaksud Dengan Orientasi ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini secara rinci dan semoga membantu anda didalam menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak anda.

apa yang dimaksud dengan orientasi

Apa Yang Dimaksud Dengan Orientasi

Jawaban :

Pengertian orientasi sendiri adalah suatu peninjauan dimana agar menentukan sikap, arah, tempat, serta lainnya secara tepat maupun benar.

Orientasi juga dapat diartikan suatu pandangan dimana didasarkan oleh pikiran, perhatian maupun kecenderungan yang ada saat itu.

Pembahasan :

Seperti yang anda ketahui bahwa orientasi sering anda temui diberbagai jenis teks bukan. Nah orientasi di beberapa jenis teks tentu memiliki perbedaan didalamnya, berikut penjelasannya secara rinci :

  1. Dalam Teks Ulasan = Orientasi merupakan bagian awal teks dimana berupa penjabaran keberadaannya sebagai novel yang mendapat penghargaan, dan juga mendapatkan perhatian yang lumayan besar dari berbagai kalangan yang ada.
  2. Dalam Teks Drama = Orientasi merupakan bagian awal cerita dimana menggambarkan kondisi ataupun situasi yang tengah, sudah maupun telah terjadi.
  3. Dalam Teks Biografi = Orientasi merupakan bagian awal teks dimana berisikan informasi tentang latar belakang cerita, kisah maupun peristiwa yang akan atau siap diceritakan. Disamping itu juga dapat membantu pendengar ataupun pembaca mendapatkan informasi atas apa yang diceritakan dimana berkenaan terhadap apa, siapa, kapan, dimana, bagaimana, serta lainnya.
  4. Dalam Teks Rekon = Orientasi adalah suatu bagian dimana yang menginformasikan suatu situasi maupun kondisi.
  5. Dalam Teks Narasi = Orientasi adalah suatu bagian dimana memberikan informasi secara relevan mengenai sebuah situasi tokoh yang diceritakan tersebut.

Berdasarkan kelima jenis teks yang dijelaskan diatas, dapat ditarik kesimpulkan jika orientasi merupakan bagian awal dalam sebuah teks dimana memberikan informasi tentang kondisi atau situasi yang telah maupun tengah terjadi. Hal ini tentu berkaitan dnegan pertanyaan 5W + 1H yaitu : what, where, when, who, why, dan how.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai Apa Yang Dimaksud Dengan Orientasi di atas, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Rate this post
Related posts: