Materi Bilangan Bulat Beserta Contoh Soalnya

Posted on

Mungkin anda sudah tidak asing lagi mendengar kata bilangan bulat di telinga anda. Akan tetapi, mungkin anda masih belum bisa mengerti dan masih kurang memahami pengertian dan apa saja macam-macam bilangan bulat ini. Nah, pada kesempatan kali ini rumusrumus.com akan membahasa secara lengkap mengenai materi bilangan bulat beserta contoh soalnya.

Pengertian Bilangan Bulat

Pengertian bilangan bulat adalah himpunan yang terdiri dari bilangan bulat negatif, nol dan positif. Selain itu juga mencakup cacah, bilangan prima, bilangan asli, bilangan nol, bilangan dan bilangan komposit dan tidak mencangkup bilangan imajiner, irrasional dan pecahan.

Bilangan bulat di lambangkan dengan huruf ‘Z’ berasal dari Bahasa jerman yaitu ‘Zahlen’ yang berarti bilangan. Berikut ini adalah garis bilangan yang terdiri bilangan bulat positif, nol, dan bilangan bulat negatif.

Bilangan Bulat
Bilangan Bulat

Nah, berikut ini merupakan penjelasan dari macam-macam bilangan bulat yang wajib anda ketahui dan pahami.

  • Bilangan Positif

Bilangan positif adalah bilangan yang bernilai positif, dimulai dari 1, 2, 3, 4, 5 dan seterusnya. Bilangan positif berada di sebelah kanan 0 (nol) pada garis bilangan bulat. Bilangan positif lebih dari sama dengan 1 (>=1).

  • Bilangan Negatif

Bilangan negatif adalah bilangan yang berada di sebelah kiri 0 (nol) pada garis bilangan bulat. Bilangan negarif bilangan yang bernilai negatif, di mulai dari -1, -2, -3, -4, -5 dan seterusnya. Bilangan positif lebih dari sama dengan -1 (>=-1).

  • Bilangan 0 (Nol)

Nol bukan bilangan positif atau pun bilangan negatif serta Nol.

Contoh Soal :

  1. Suhu Kota Bandar Lampung senin 03 September 2018  mencapai 240 celsius sedangkan pada malah hari 200 Celsius. Angka 24 dan 20 adalah bilangan bulat positif.
  2. BMKG sedang mengukur dalamnya laut. Jika menyatakan dalam laut x 30 meter dari permukaan laut. maka di angka yang di tulis adalah -30 meter. Angka -30 adalah bilangan bulat negatif.
  3. Dalam sebuah kebun binatang ada banyak sekali jumlah hewan. Seorang anak akan di berikan tugas untuk menghitung jumlah burung yang ada di kebun binatang tersebut. Setelah di hitung jumlah burung adalah 35 burung. Angka 35 adalah bilangan bulat positif.

Contoh Soal Bilangan Bulat

Berikut ini kami berikan contoh soal yang terdiri dari contoh soal penjumlahan, contoh soal pengurangan, contoh soal penjumlahan dan pengurangan, contoh soal perkalian, dan contoh soal pembagian.

Contoh Soal Penjumlahan:

1). 4a + 5a = 9a

2). 8z + 4z = 12z

Contoh Soal Pengurangan:

1).4a – 5a = -1a

2).8z – 4z = 4z

Contoh Penjumlahan dan Pengurangan:

1).10a + 3b + 2a – 7b =

= (10a + 2a) + (3b – 7b)

= 12a – 10b

Contoh Soal Perkalian:

(+) x (+) = +      contoh: 2 x 5 = 10

(+) x (-) = –        contoh: 3 x (-1) = -3

(-) x (+) = –        contoh: (-9) x 2 = -16

(-) x (-) = +        contoh: (-2) x (-7) = 14

Contoh Soal Pembagian:

(+) : (+) = +      contoh: 20 : 2 = 10

(+) : (-) = –        contoh: 30 : (-5) = -6

(-) : (+) = –        contoh: (-10) : 5 = -2

(-) : (-) = +        contoh: (-4) : (-1) = 4

Itulah penjelasan yang dapat kami sampaikan kepada anda semua terkait Materi Bilangan Bulat dan sudah kami tambahkan contoh soal yang bisa Anda latih dan kembangkan sendiri dirumah. Nah, setelah anda  menguasai materi ini selanjutnya Anda pelajari materi tentang Bilangan Cacah dan Bilangan Berpangkat.

Baca Juga:


Baca Juga :