Cara Uninstal Dapodik

Posted on

Cara Uninstal Dapodik – Setiap pergantian tahun ajaran baru, pasti Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan akan merilis Aplikasi Dapodik terbaru yang mana fitur-fitur yang ada didalamnya telah mengalami berbagai pembaruan.

Akan tetapi sebelum melakukan penginstallan terhadap Aplikasi Dapodik terbaru, maka Operator Sekolah wajib menghapus terlebih dahulu Aplikasi Dapodik versi lama.

Namun, untuk meg-Uninstall Aplikasi Dapodik versi lama, terdapat beberapa cara yang harus dilakukan, sebab kita tidak bisa menghapusnya begitu saja.

Umumnya, aplikasi yang di install pada laptop atau komputer disertai dengan menu Uninstall, tetapi pada Aplikasi Dapodik tidak.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini RumusRumus.com akan menyampaikan kepada kalian mengenai Cara yang dapat dilakukan untuk meng-Uninstall Aplikasi Dapodik yang lama.

Cara Uninstal Dapodik

Cara Uninstall Dapodik

Bagi anda yang baru saja berprofesi sebagai Operator Sekolah, berikut ini cara-cara yang dapat dilakukan untuk menghapus aplikasi Dapodik versi lama dan menggantinya dengan yang baru, diantaranya adalah :

  • Pada tahap pertama, Anda klik simbol windows yang terdapat pada bagian pojok kiri bawah pada windows 10.
Cara Uninstall Dapodik
  • Setelah itu, klik menu “Setting“. Berikutnya pada kolom pencarian yang terletak di pojok kanan atas ketikkan “Control Panel“. Selanjutnya Anda buka menu “Control Pannel” tersebut. Setelah itu, klik menu “Program”.
Cara Uninstall Dapodik
  • Kemudian akan tampil beberapa aplikasi yang terpasang pada perangkat Anda. Selanjutnya pilih “Aplikasi Dapodik” dan klik menu “Uninstall” pada bagian atas.
Cara Uninstall Dapodik
  • Lalu muncul pesan “Apakah Anda Yakin Ingin Menghapus Dapodik dan Komponennya”. Klik “Yes“.
Cara Uninstall Dapodik
  • Kemudian, tunggu hingga proses peng-Uninstallan Aplikasi Dapodik selesai.
Cara Uninstall Dapodik
  • Jika proses Uninstall dari Aplikasi Dapodik sudah selesai. Muncul sebuah pesan yang beriskan “Untuk Melengkapi Pelepasan Aplikasi Dapodik. Komputer Anda Harus Di Mulai Ulang” dan klik tombol “Yes“. Sampai sini proses Uninstall pun selesai.
Cara Uninstall Dapodik

F.A.Q

Aplikasi Dapodik digunakan untuk apa?

Dapodik digunakan untuk mengumpulkan semua data lembaga dan kurikulum pendidikan, data siswa, data guru dan staf, serta data sarana dan prasarana setiap sekolah di Indonesia, termasuk sekolah Indonesia di luar negeri.

Kapan Dapodik mulai dimulai?

Layanan dapodik mulai dikembangkan oleh Biro Perancangan Kerjasama Luar Negeri atau yang lebih dikenal dengan PKLN Departemen Pendidikan Nasional sejak th 2006.

Apakah Simpatika dengan Dapodik sama?

Simpatika terhubung dengan aplikasi Dapodik pada Dinas Pendidikan, itu artinya semua data guru dan juga tenaga kependidikan menjadi satu. Maksudnya Simpatika dengan Dapodik itu sama.

Demikianlah artikel kali ini, semoga ulasan kali ini bermanfaat ya sobat Rumus.

Baca Juga : Cara Sinkron Dapodik

Related posts: