Keragaman Bentuk Muka Bumi Dengan Aktivitas Penduduk

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Keragaman Bentuk Muka Bumi Dengan Aktivitas Penduduk ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini.

keragaman bentuk muka bumi dengan aktivitas penduduk

Keragaman Bentuk Muka Bumi Dengan Aktivitas Penduduk ?

Jawaban :

Aktivitas penduduk beragam tergantung kondisi muka bumi yang ia tempati, berikut berbagai pembagiannya sesuai dengan dataran disekelilingnya mulai dari dataran tinggi / pegunungan, dataran rendah, di daerah pantai, bahkan di daerah gurun :

1. Kehidupan Di Dataran Tinggi / Pegunungan

Daerah dataran tinggi serta pegunungan dimana merupakan hasil proses vulkanisme, biasanya mempunyai ciri khusus, seperti : lahan yg subur, bersuhu udara sejuk, bercurah hujan yang cukup tinggi serta endapan mineral. Penduduk di sekitar objek wisata ada yang berprofesi sebagai pemandu wisata, menyediakan pelayanan jasa seperti : penginapan, suvernir, dan lainnya.

2. Kehidupan Di Daerah Pantai

Didaerah pesisir dimana pantai yg landai dan pemandangan alam yang indah dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata bahari, dimana dikembangkan sebagai objek wisata bahari. Agar berfungsi untuk selancar, menyelam, dan di lengkapi fasilitas seperti : penginapan, restoran makanan laut, serta toko suvernir.

3. Kehidupan Di Dataran Rendah

Dataran rendah biasanya bersifat subur, relatif datar, serta mempunyai cadangan air yang cukup, sehingga sesuai untuk dimanfaatkan. Oleh karenanya, daerah ini begitu padat penduduk dengan bermata pencahariaan sebagai petani di sawah, tegalan, peternak, serta bentuk lainnya

4. Kehidupan Di Daerah Gurun

Pada beberapa bagian gurun terdapat sumber air (oase). Nah disekitar oase, penduduk biasanya menggunakan peluang tersebut sebagai lahan pertanian seperti kurma maupun gandum. Selain itu, daerah gurun sering dijadikan sebagai arena olahraga reli mobil maupun motor, seperti : reli dakar.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai sebuah pertanyaan diatas, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Related posts: