Opsional Adalah

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, kata “opsional” mungkin bagi beberapa orang sudah tidak asing lagi atau bahkan mungkin anda pernah mendengarnya di suatu aktivitas anda sehari – hari. Namun masih banyak orang yang kurang mengetahui apa itu opsional. Dalam arti singkat opsional ialah suatu pilihan dimana sifatnya tidak memaksa, dan boleh – boleh saja.

opsional adalah

Nah karena itu, agar lebih jelasnya pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Opsional Adalah ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini secara rinci dan semoga membantu anda didalam menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak anda.

Opsional Adalah

Jawaban :

Opsional dalam bahasa Inggris ialah “optional”, dimana kata opsional ini merupakan suatu kata serapan. Optional sendiri berasal dari kata dasar option dimana berarti ialah “pilihan, kehendak, serta kebebasan”. Sedangkan dalam akhirannya ditambahkan kata “-al”.

Nah dalam bahasa Inggris hal ini menunjukkan suatu kata sifat, oleh karenanya maka opsional merupakan sebuah kata sifat dimana artinya “bersifat bebas untuk memilih”.

Sebagai contoh ialah sebagai berikut :

  1. Disaat kita mengisi formulir pendaftaran sekolah, rumah sakit atau lainnya, terkadang terdapat pilihan opsional, seperti “golongan darah” dan lainnya.
  2. Seluruh peserta seminar yang dilaksanakan pada hari Minggu, diwajibkan berpakaian yang sopan dan rapih dengan mengenakan baju lengan panjang baik bagi laki – laki maupun perempuan dimana berwarna putih. Sedangkan untuk memakai dasi bagi laki – laki hanyalah bersifat opsional.

Dari contoh yang telah dijabarkan diatas, kata “golongan darah”, “dasi” yang bersifat opsional artinya disini ialah bersifat pilihan.

Pada golongan darah boleh di isi sesuai yang anda inginkan ataupun tidak di isi, sedangkan untuk dasi boleh saja mengenakan dasi karena tidak ada larangan, dan boleh saja tidak mengenakan dasi karena hal ini bukan bersifat paksaan

Demikianlah pembahasan artikel mengenai Apa Yang Dimaksud Dengan Orientasi di atas, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Related posts: