Otot Bilik Jantung Lebih Tebal Dari Serambi Karena

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Otot Bilik Jantung Lebih Tebal Dari Serambi Karena ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini secara rinci dan semoga membantu anda didalam menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak anda.

otot bilik jantung lebih tebal dari serambi karena

Otot Bilik Jantung Lebih Tebal Dari Serambi Karena

Pembahasan :

Jantung sendiri terdiri dari 4 ruang, dimana dua ruang diatas jantung ialah atrium yang berfungsi untuk menerima darah. Sedangkan 2 ruang di bagian bawah jantung ialah ventrikel dimana berfungsi untuk memompa darah. Nah di tengah-tengah jantung terdapat otot tebal yang memisahkan bagian sisi kiri dan sisi kanan atau dikenal dengan septum.

Berikut merupakan bagian-bagian dari jantung manusia beserta dengan fungsinya :

  1. Atrium kanan, berfungsi untuk menerima darah kotor mulai seluruh tubuh
  2. Ventrikel kanan, berfungsi untuk memompa darah kotor ke paru-paru dimana untuk diubah menjadi darah yang mengandung oksigen
  3. Atrium kiri, berfungsi untuk menerima darah dari paru-paru
  4. Ventrikel kiri, berfungsi untuk memompa darah dari jantung ke bagian seluruh tubuh
  5. Katup bikuspid, dimana katup yang berfungsi untuk mengatur aliran darah dari atrium kiri menuju ke ventrikel kiri.
  6. Katup trikuspid, dimana katup yang berfungsi untuk mengatur aliran darah dari atrium kanan menuju ke ventrikel kanan.
  7. Pembuluh darah arteri, ialah pembuluh darah yang mengandung oksigen serta mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh. Tetapi, ada arteri yang darahnya mengandung karbondioksida ialah arteri pulmonalis dimana bertugas mengalirkan darah kotor dari ventrikel kanan ke paru-paru untuk diubah menjadi darah yang mengandung oksigen nantinya.
  8. Pembuluh darah vena, ialah pembuluh darah yang mengandung karbondioksida serta mengalirkan darah dari seluruh tubuh untuk kembali ke jantung. Namun, ada vena yang darahnya mengandung oksigen ialah vena pulmonalis dimana bertugas mengalirkan darah bersih dari paru-paru ke atrium kanan,

Kesimpulan :

Dengan penjelasan diatas, dapat diketahui penyebab otot bilik (ventrikel) jantung lebih tebal dibandingkan otot serambi (atrium) jantung, hal ini dikarenakan tugas mereka yang masing-masing jelas berbeda.

Dimana atrium hanya bertugas untuk menerima darah sedangkan ventrikel selain untuk menerima darah dari atrium, juga untuk memompa darah.

Dengan begitu, untuk memompa darah dibutuhkan otot yang lebih besar dan kuat sehingga akan menghasilkan energi yang banyak terutama ventrikel kiri dimana bertugas memompa darah ke seluruh tubuh.

Jika otot ventrikel tidak kuat atau tipis, maka akan terjadi darah tidak dapat terpompa semestinya atau sepenuhnya ke seluruh tubuh

Demikianlah pembahasan artikel mengenai pertanyaan “Otot Bilik Jantung Lebih Tebal Dari Serambi Karena” di atas, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Related posts: