Sebutkan Dan Jelaskan Bentuk Dan Cara Membuat Patung

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Sebutkan Dan Jelaskan Bentuk Dan Cara Membuat Patung ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini secara rinci dan semoga membantu anda didalam menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak anda.

sebutkan dan jelaskan bentuk dan cara membuat patung

Sebutkan Dan Jelaskan Bentuk Dan Cara Membuat Patung

Jawaban :

Bahan Seni Patung

Untuk membuat sebuah patung terdapat beberapa bahan serta teknik yang digunakan. Berikut ini beberapa di antaranya ialah :

1. Bahan Keras

Salah satu bahan yang digunakan untuk membuat patung adalah bahan keras, dimana bahan ini bisa berupa : kayu, batu cadas atau andesit, logam, gading, tulang, serta tanduk.

Teknik yang digunakan untuk membuat patung dengan bahan ini ialah menggunakan teknik pahat, kecuali bahan yang terbuat dari logam.

Sedangkan untuk membuat patung dengan bahan keras berupa logam seperti perunggu, kuningan, emas, perak, tembaga, serta besi dapat dilakukan menggunakan teknik cor (bivalve dan a cire perdue), tempa, patri, serta las tuang.

2. Bahan Plastis

Bahan lunak yang bisa digunakan untuk membuat patung antara lain ialah tanah liat, semen, plastisin, lilin, bubur kertas, sabun, serta gips.

Patung dari bahan plastis ini dapat dibuat menggunakan teknik membentuk, membutsir, mencetak, modelling, coiling, pijit, serta slabing.

Bentuk & Wujud Seni Patung

Didalam seni patung terdapat beberapa bentuk dan wujud, ialah sebagai berikut :

  1. Bagian kop adalah pembuatan patung dimana hanya menggambarkan bagian kepala saja.
  2. Bagian buste adalah pembuatan patung dimana menggambarkan bagian dada maupun bentuk dada serta kepala.
  3. Bagian torso adalah pembuatan patung dimana menggambarkan bagian badan secara utuh.

Teknik Membuat Patung

Dalam membuat patung seorang seniman bisa membuat patung dengan berbagai teknik, dimana bergantung pada bahan serta keahlian yang dikuasai. Teknik-teknik tersebut antara lain ialah sebagai berikut :

1. Teknik Mengecor

Teknik mengecor / mencetak merupakan suatu teknik dimana dipakai jika media yang digunakan bersifat cairan. Sebelum melakukan pengecoran seorang pematung harus membuat cetakan terlebih dahulu. Agar mendapat cetakan, pematung harus membuat model patung jadi maupun model positif, sesudah itu pematung membuat cetakan negatif.

Bahan yang digunakan ini berbeda dengan bahan untuk membuat cetakannya, contohnya seperti : jika bahan yang digunakan untuk membuat patung ialah sebuah logam. Maka bahan untuk membuat cetakannya ialah suatu gips atau tanah liat.

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat cetakan ialah pada bagian yang satu dengan bagian yang lain diusahakan tidak terkunci satu sama lain. Terdapat dua jenis cetakan teknik mengecor patung ialah menggunakan cetakan berupa bivalve serta a cire perdue.

Bivalve merupakan teknik mengecor dengan cetakan yang bisa di bongkar pasang, dimana teknik ini dipakai untuk mendapatkan hasil dalam jumlah yang banyak dengan model yang sama persis.

Sedangkan teknik a cire perdue hanya dipakai untuk mendapatkan satu hasil saja, umumnya cetakannya terbuat dari bahan yang mudah dihancurkan seperti dari tanah liat.

2. Teknik Modeling

Teknik modelling merupakan suatu teknik membuat bentuk dimana dengan cara memijit, meremas, serta membentuk sesuai bentuk yang diinginkan. Bahan yang digunakan dalam pembuatan teknik ini ialah bahan dimana bersifat plastis seperti tanah liat, plastisin, lilin, serta bubur kertas.

3. Teknik Konstuktif / Menempel

Teknik menempel ialah suatu teknik membuat patung dengan cara menempelkan bagian yang satu dengan bagian yang lain, dimana dilakukan sedikit demi sedikit sehingga menjadi sebuah karya patung yang indah. Bahan yang dipergunakan bisa bervariasi, mulai dari tanah liat, lilin, logam, serta bubur kertas.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai sebuah pertanyaan di atas, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Related posts: