Salah Satu Tokoh Jong Sumatranen Bond Yang Akhirnya Menjadi Wakil Presiden RI Adalah

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai sebuah Salah Satu Tokoh Jong Sumatranen Bond Yang Akhirnya Menjadi Wakil Presiden RI Adalah. Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini.

salah satu tokoh jong sumatranen bond yang akhirnya menjadi wakil

Salah Satu Tokoh Jong Sumatranen Bond Yang Akhirnya Menjadi Wakil Presiden RI Adalah….

A. Umar Wirahadikusuma
B. Adam Malik
C. Soedharmono
D. Moh. Yamin
E. Moh. Hatta

Jawaban :

Pendahuluan

Jong Sumatranen Bond (JSB; bahasa Indonesia : Perkumpulan Pemuda Sumatra) merupakan sebuah perkumpulan, dimana bertujuan untuk mempererat tali hubungan di antara murid – murid yang berasal dari Sumatra tersebut, mendidik pemuda Sumatra agar menjadi pemimpin bangsa serta mempelajari dan mengembangkan budaya Sumatra yang ada. Perkumpulan ini didirikan pada tanggal 9 Desember 1917 tepatnya di Jakarta.

JSB sendiri mempunyai enam cabang, empat di Jawa dan dua di Sumatra, yakni di Padang dan Bukittinggi. Setelah beberapa tahun kemudian, para pemuda Batak keluar dari perkumpulan ini dikarenakan dominasi pemuda Minangkabau atas kepengurusannya. Dan pada akhirnya para pemuda Batak ini membentuk perkumpulan sendiri, yaitu Jong Batak.

Pembahasan

A. Umar Wirahadikusuma ialah berasal dari sumedang jawa barat 
B. Adam Malik ialah berasal sumatra utara , namun pernah menjabat sebagai wakil presiden , tetapi bukan menjadi tokoh utama pada jong sumatranen bond
C. Soedharmono berasal dari cerme gresik
D. Moh yamin berasal dari sumatra barat , menjadi tokoh utama jong sumatranen bond, tetapi tdk pernah menjadi wakil presiden
E. Moh hatta berasal dari bukittinggi sumatra barat , menjadi tokoh utama jong sumatranen bond , serta menjadi wakil presiden yang pertama.

Maka dari penjelasan diatas dapat diketahui jawabannya ialah E. Moh. Hatta

Jadi, jika adik adik siswa/i khususnya masih dalam jenjang pendidikan yang masih binggung mengenai pertanyaan tersebut artikel dan lain lain, Maka makalah pembahasan ini sudah cukup mewakili jawaban untuk adik adik semua.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai sebuah pertanyaan, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Related posts: