Yang Mengusulkan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika Agar Dijadikan Semboyan Negara Adalah

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai sebuah Yang Mengusulkan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika Agar Dijadikan Semboyan Negara Adalah….. Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini.

yang mengusulkan semboyan bhinneka tunggal ika agar dijadikan

Yang Mengusulkan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika Agar Dijadikan Semboyan Negara Adalah…..

Jawaban :

M.Yamin merupakan tokoh dimana yang pertama kali mengusulkan kepada Ir. Soekarno agar Bhinneka Tunggal Ika “berbeda – beda tetapi tetap satu jua” tersebut dijadikan semboyan negara. Muh. Yamin akhirnya mengungkapkan pertama kali kalimat Bhinneka Tunggal Ika dalam sidang BPUPKI tepatnya pada bulan Mei Tahun 1945 kepada I Gusti Bagus Sugriwa.

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa Indonesia dan tertulis pada pita yang digenggam kaki sang garuda. Semua sejarawan sepakat bahwa tokoh nasional yang pertama kali mengusulkan kalimat tersebut kepada Bung Karno adalah M. Yamin.

Usulan tersebut ia sampaikan dengan secara tertutup sehingga tokoh lain seperti Bung Hatta sekalipun mengira ide mengenai Bhineka Tunggal Ika berasal langsung dari Soekarno tersebut.

M. Yamin sendiri bukan hanya sekedar politikus, hampir semua bidang ia kuasai, karena ia juga merupakan seorang ahli hukum, ahli budayawan, ahli sastrawan bahkan ahli sejarawan.

Bhinneka Tunggal Ika sendiri merupakan sebuah petikan kalimat yang ia temukan pada Kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular yang hidup di masa kebesaran Kerajaan Majapahit pada masa itu.

Akhirnya para pendiri bangsa Indonesia yang sebagian besar beragama Islam sepertinya cukup toleran untuk menerima warisan Mpu Tantular tersebut.

Sikap toleran ini ialah sebuah watak dasar pada suku – suku bangsa di Indonesia yang telah mengenal beragam agama, berlapis – lapis sebuah kepercayaan bahkan tradisi, jauh sebelum agama Islam datang ke Nusantara ini.

Jadi, jika adik adik siswa/i khususnya masih dalam jenjang pendidikan yang masih binggung mengenai pertanyaan tersebut artikel dan lain lain, Maka makalah pembahasan ini sudah cukup mewakili jawaban untuk adik adik semua.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai sebuah pertanyaan, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Rate this post
Related posts: