Saran Dalam Makalah

Posted on

Saran Dalam Makalah – Makalah ialah sebuah laporan umum dimana sering kita temukan pada skripsi ataupun kegiatan tertentu. Pembuatan makalah tersebut harus disertai dengan adanya penelitian terlebih dahulu. Dengan begitu kita bisa membuat kesimpulan serta saran yang tepat terhadap laporan makalah yang dibuat. Pada dasarnya makalah tersusun oleh beberapa bagian, salah satunya ialah bagian penutup dimana terdiri atas kesimpulan dan saran.

saran dalam makalah

Kebanyakan penulis yang masih salah dalam menjabarkan saran pada makalah yang ditulis. Maka bagaimana kita menulis saran dalam makalah yang baik dan benar? Nah penulisan saran makalah tersebut sudah diatur dimana berdasarkan panduan yang berlaku serta disusun sesuai format penulisan makalah terhadap standar ketetapan yang ada.

Pengertian

Saran adalah suatu bagian dalam bab penutup dalam sebuah penulisan makalah. Pada Bagian ini terdapat di sebuah akhir paragraf dimana dengan di awali suatu serangkaian.

Sebagai contoh kesimpulan dari awal hingga akhir, saat ingin menulis saran memang tidak ada aturan khusus maupun pedoman yang berlaku. Terkadang hanya terdapat pada proses pembuatan kalimat saran setidaknya harus memperhatikan beberapa unsur yang ada.

Unsur – Unsur

Berikut merupakan unsur-unsur yang harus diperhatikan, ialah :

A. Total Kata

Didalam penulisan makalah pembuatan saran dibatasi dengan jumlah minimal karater, hal ini dilakukan demi kesetaraan antara kesimpulan yang akan disampaikan. Terdapat beberapa batasan saran yang baik, dimana dengan tidak lebih atas 200 kata yang ada.

Baca Juga : Contoh Konflik Sosial

B. Terkandung Kata Harapan

Penulisan saran yang baik haruslah memberikan harapan kepada pembaca, dimana dengan membentuk kata-kata yang menarik seperti penggunaan “oleh karena itulah”, maupun penggunaan kata “harapannya dari penulisan ini…”, serta lain sebaginya.

C. Terkandung Suatu Rekomendasi

Selanjutnya, langkah pembuatan saran yang baik dalam penulisannya haruslah memberikan rekomendasi suatu penelitian lebih lanjut mengenai metode yang akan dipergunakan. Dalam bahasan inilah banyak pihak yang mengidentifikasikan jika penulisan saran tidak perlu diletakkan dalam abtrak kepenulisan.

Kumpulan Contoh

Sebenarnya, contoh kepenulisan saran dapat dilakukan pada berbagai jenis karya tulis, baik skripsi, makalah, essay, maupun suatu karya ilmiah. Penggunaannya hampir sama, hanya saja untuk peletakkan kata-katanya barangkali perlu kamu susun dengan baik.

Contoh 1 :

BAB III
PENUTUP

1. Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis mengenai Sebuah Sistem Informasi Perusahaan Barang diatas, maka bisa disimpulkan jika:

  • Perusahaan lebih terbantu didalam menyediakan informasi pengadaan serta penjualan barang melalui ssstem informasi yang ada. 
  • Perusahaan lebih mudah mendapatkan suatu informasi pengadaan dan penjualan seperti proses penjualan, pembuatan laporan, proses pengadaan, ataupun pencarian data.

Baca Juga : Kata Kerja Mental

2. Saran

Penulis menyarankan agar beberapa hal berkaitan dengan pengembangan Perusahaan dimasa mendatang ialah :

  • Dalam penerapan sistem akan lebih baik jika menambah beberapa peralatan komputer agar operasi kerja bisa berjalan dengan tepat serta cepat.
  • Pegawai operator komputer lebih baik dibimbing dan dilatih dalam penggunaan komputer yang akan lebih optimal.

Contoh 2 :

BAB III
PENUTUP

1. Kesimpulan

Berdasarkan data diatas bisa disimpulkan beberapa hal seperti berikut :

  • Pola pikir guru dapat berubah-ubah, dimana sesuai paradigma pendidikan yang terbaru seperti : anak harus menguasai kompetensi yang ada (life skill), memperbanyak sebuah pengalaman belajar pada siswa dan pola guru sentris kepada siswa dalam proses belajar mengajar disekolah. Untuk itu pembelajaran bisa dilakukan lebih kontekstual.
  • Untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan kontekstual diperlukan guru yang profesional. Dengan begitu akan timbul alat peraga yang baik dan efektif.
  • Alat peraga berperan dalam membuat pembelajaran lebih menyenangkan, menarik, kreatif, dinamis dan aktif sehingga sangat penting.
  • Anak anak diharapkan dapat menentukan tindakan dan menerapkan informasi belajar yang proporsional dan rasional melalui alat peraga tersebut.

2. Saran

Terkait dengan hal tersebut, saya menyarankan beberapa hal untuk diperhatikan seperti berikut ini :

  • Menciptakan alat peraga sederhana agar pembelajaran dapat dilakukan dengan luas sehingga tercipta guru guru yang profesional.
  • Untuk pengembangan dan pengadaan media pendidikan (alat peraga) maka dapat mengimplementasikan eksistensi manajemen dan Gugus sekolah.
  • Penulis juga mengharapkan kkritik dan saran dalam penulisan makalah dikemudian hari.

Baca Juga : Contoh Teks Biografi

Apakah faktor utama didalam penulisan saran ?

Faktor utama didalam menyusun sebuah penulisan contoh saran pada makalah sebenarnya begitu simpel, yaitu hanya sampaikanlah suatu saran, dimana bersifat membangun dengan bahasa yang baku, sopan, padat ataupun berisi.

Berikanlah contoh saran dalam makalah kesehatan !

1. Kesimpulan
Kesehatan lingkungnan ialah suatu bagian integral ilmu kesehatan masyarakat dimana khusus menangani serta mempelajari hubungan manusia terhadap lingkungan didalam keseimbangan ekologis.

Berikut Cara Pemeliharaan Kesehatan Lingkungan yang perlu diperhatikan :
1. Tidak mencemari air dengan membuang sampah disungai ataupun tidak pada tempatnya
2. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor karena merusak polusi
3. Mengolah tanah sebagaimana semestinya
4. Menanam tumbuhan pada lahan-lahan kosong

Kontribusi lingkungan untuk mewujudkan derajat kesehatan ialah suatu hal yang essensial, dimana disamping masalah perilaku masyarakat, pelayanan kesehatan ataupun faktor keturunan

2. Saran 
Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam pembuatan makalah ini sehingga dapat diselesaikan sesuai dengan waktunya. 

Apa yang dimaksud saran ?

Saran merupakan sebuah usul atau pendapat dari seorang peneliti dimana berkaitan dengan pemecahan masalah yang menjadi objek penelitian ataupun kemungkinan penelitian lanjutan.

Demikianlah pembahasan artikel, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Related posts: