Sistem Gilde Di Belanda

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Sebuah Sistem Gilde Tersebut? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini.

sistem gilde di belanda

Sistem Gilde Di Belanda ?

Jawaban

Sistem Gilde sendiri merupakan sebuah sistem kerjasama para tukang maupun suatu pengrajin terhadap sebuah barang – barang, dimana yang bersifat sama maupun homogen. Sistem gilde ini berkembang di Negara Eropa Barat tepatnya dikalangan para pedagangnya.

Sistem Gilde ini mempunyai peranan penting didalam pemenuhan kebutuhan masyarakat golongan menengah atas serta mempunyai sebuah peran dalam pembangunan infrastruktur di kota. Pemegang kekuasaan politik pada sistem gilde ini ialah pemerintahan kota, dengan begitu gilde dapat menguasai sistem perdagangan serta perekonomian.

Gilde juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam jejaring pengaman sosial bagi para anggotanya tersebut. Di Belanda, sistem gilde menyediakan makanan dengan minuman gratis bagi masyarakat sekitar, adanya sebuah donasi uang kepada gereja di sekitar gilde, pembayaran kepada anggota gilde yang sudah meninggal dunia, dimana untuk biaya pemakaman serta pembiayaan untuk keluarga yang telah ditinggalkannya tersebut.

Perusahaan di Belanda yang menganut sistem gilde tetap kecil serta jarang perusahaan menjadi besar, hal ini dikarenakan seseorang pengusaha hanya boleh mempekerjakan buruh hanya sebanyak 5 orang saja.

Dengan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa, Sistem Gilde di Belanda memuat sebuah peraturan atas pembatasan jumlah buruh yang boleh dipekerjakan oleh seorang pengusaha tersebut dalam perusahaannya ialah dengan maksimum hanya 5 orang saja. 

Jadi, jika adik adik siswa/i khususnya masih dalam jenjang pendidikan yang masih binggung mengenai pertanyaan tersebut artikel dan lain lain, Maka makalah pembahasan ini sudah cukup mewakili jawaban untuk adik adik semua.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai sebuah pertanyaan, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Related posts: