Struktur Teks Deskripsi

Posted on

Struktur Teks Deskripsi – Tahukah anda jika didalam sebuah teks, terdapat beberapa struktur yang menyusunnya, bahkan yang membedakannya dengan teks yang lain. Struktur merupakan bagian dari sebuah teks itu sendiri, struktur ini artinya susunan. Nah agar dapat mengetahui apa saja bagian yang ada didalam struktur teks deskripsi, marilah kita simak penjabaran dibawah ini beserta dengan hal-hal yang berkaitan didalamnya.

Pengertian

Teks Deskripsi merupakan sebuah paragraf gagasan maupun ide utama dimana akan disampaikan dengan cara menggambarkan sesuatu hal secara jelas atau dikenal dengan objek, tempat maupun peristiwa yang sedang dibahas atau diceritakan topiknya kepada si pembaca. Dengan begitu para pembaca dapat merasakan langsung terhadap apa yang dibahas didalam teks tersebut.

Tujuan teks Deskripsi

Didalam terciptanya sesuatu maka mempunyai suatu tujuan yang tersirat, Nah maka teks deskripsi ini sendiri mempunyai tujuan untuk mengajak si pembaca agar merasakan langsung terhadap apa yang sedang dibahas didalam teks tersebut. Selain itu, teks deskripsi ini dapat juga bertujuan untuk membuat si pembaca seolah-olah melihat atau berada langsung disebuah objek atau tema atas apa yang di jelaskan tersebut.

Struktur Teks Deskripsi

Nah disamping mempunyai tujuan, teks deskripsi juga mempunyai 3 struktur yang membedakannya dengan yang lain. Ialah sebagai berikut ini :

1. Identifikasi

Identifikasi adalah suatu penentu identitas seseorang, benda, dan lain sebagainya dimana sebagai objek yang akan dideskripsikan nantinya.

2. Klasifikasi

Penyusunan kalimat yang mempunyai sebuah aturan didalam kelompok yang sesuai terhadap kaidah ataupun standar yang sudah ditetapkan.

Baca Juga : Struktur Teks Negosiasi

3. Deskripsi Bagian

Maksud disini ialah adanya bagian teks yang berisikan mengenai tentang gambaran sesuatu dimana berkaitan apa yang dibahas pada teks tersebut.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Nah setelah membahas struktur yang ada didalamnya, tentu kalian akan terbayang apa saja ciri-ciri yang ada didalam teks tersebut, berikut penjelasannya :

  1. Paragraf Deskripsi ini menggambarkan sesuatu objek maupun kejadian. Seperti kategori mengenai binatang, benda, tempat, dan lain lainnya.
  2. Dijelaskan secara sangat jelas dan rinci dengan melibatkan penginderaan bagi si pembaca tersebut. Dengan begitu, sesuai terhadap teknik penginderaan pada pelajaran bahasa Indonesia. Seperti sebuah pohon itu mempunyai daun berwarna hijau-hijau ketuaan. Nah, pada kalimat tersebut, pembaca maka akan terbawa bahkan terbayangkan bagaimana warna daun dipohon tersebut.
  3. Saat para pembaca membaca teks tersebut, maka Ia akan seolah-olah berada langsung atau merasakan hal tersebut didepan objek yang dibahas. Seperti ada sebuah teks deskripsi dimana menggambarkan tentang keramaian dijalan Tanjung Karang, dimana lalu lalang kendaraan yang melintas begitu ramai dengan suara unik mesin. Dengan hal itu, pembaca akan merasakan bahwa ia benar-benar berada di jalan Tanjung Karang tersebut.
  4. Yang paling mudah dikenali ialah teks deskripsi menjelaskan atau menjabarkan ciri fisik sebuah objek seperti bentuknya, ukuran, warna maupun ciri psikis, seperti suatu keadaan atau kondisi dengan begitu rinci.

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Nah didalam bahasa teks deskripsi terdapat kaidah yang membedakannya dengan yang lain, ialah sebagai berikut ini :

  1. Menggunakan kata benda sesuai topik terhadap yang dideskripsikan. Contohnya : sekolah, rumah, taman, guruku, teman saya, dll.
  2. Menggunakan frasa yang mengandung sebuah kata benda. Contohnya : beliau merupakan seorang direktur perusahaan terkenal yang begitu rendah hati, atau lainnya.
  3. Mengandung kata sifat dimana bersifat menggambarkan. Contohnya : satu siswa malas, dua kaos baju hitam, atau lainnya.
  4. Mengandung kata kerja transitif dimana untuk memberikan informasi subjek. Contohnya : Anak itu memakai seragam putih biru hari senin, atau lainnya.
  5. Mengandung kata kerja seperti sebuah perasaan atau pendapat dengan sebuah tujuan mengungkapkan pandangan pribadi penulis terhadap subjek. Contohnya : saya kira itu ialah anjing yang cerdas, saya yakin toko itu diskon besar-besaran, atau lainnya.
  6. Mengandung kata keterangan demi memberikan informasi tambahan mengenai sebuah objek. Contohnya : dengan cepat, di rumah, di kantin, di jalan, atau lainnya.
  7. Mengandung bahasa kiasan seperti perumpamaan maupun metafora. Contohnya : kulitnya lembut bagaikan benang sutra import, atau lainnya.

Baca Juga : Contoh Teks Eksposisi

Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Nah ternyata teks deskripsi mempunyai beberapa jenis loh, berikut penjelasan secara rinci nya :

1. Teks Paragraf Subjektif

Penggambaran sebuah objek pada teks sesuai dengan kesan yang akan diterima atau pengalaman oleh penulisnya itu sendiri. Sehingga jika kamu ialah orang yang melihat burung merpati, maka kamu sendirilah yang akan mendeskripsikan elang tersebut dimana sesuai terhadap apa yang kamu lihat sendiri pada saat itu.

2. Teks Paragraf Spatial

Didalam teks deskripsi ini, objek hanya diilustrasikan berupa suatu tempat, benda, ruang maupun lain sebagainya. Contohnya : halte, bola tenis, voli dan lainnya.

3. Teks Paragraf Objektif

Teks deskripsi ini menggambarkan serta menjelaskan apa adanya menurut kondisi maupun keadaan nyatanya, tanpa adanya tambahan ataupun dengan opini pendapat dari sang penulisnya itu sendiri. Biasanya, teks deskripsi ini adalah suatu teks mengenai sebuah kejadian maupun peristiwa yang telah dialami seseorang tersebut.

Langkah Membuat Teks Deskripsi

Setelah paham atas apa yang telah dijelaskan sebelumnya, berikut langkah dalam membuat teks deskripsi agar mempermudah anda dalam menyelesaikan tugas yang berkaitan :

  1. Menentukan tema apa yang akan diambil (atau objek yang akan dibahas dalam teks).
  2. Menentukan tujuan dibuatnya teks mengenai tema tersebut.
  3. Lalu kumpulkan data mengenai objek serta lakukan pengamatan secara langsung terhadap objekatau tema yang akan dibahas maupun dideskripsikan nantinya.
  4. Setelah seluruhnya terkumpul, mulailah membuat sebuah kerangka karangan.
  5. Jabarkanlah kerangka karangan yang menjadi teks deskripsi dimana sesuai terhadap topik atau gagasan utama tersebut.

Baca Juga : Contoh Teks Prosedur

Contoh Teks Deskripsi

Pussy Ku
Aku mempunyai kucing yang dinamakan Pussy, ia berwarna putih keabu-abuan dengan mata yang sangat besar serta kuning pekat. Disamping itu ia mempunyai ekor panjang serta bulu yang begitu bersih dan lembut.

Pussy begitu menyukai main tali serta gemar memakan ikan dan ayam. Pussy selalu menjaga kebersihan, bahkan pipis pun ia tau tempat yang telah disediakan. Itulah keadaan Pussy kucing kesayanganku hadiah dari mama.

Apakah tujuan dibuatnya teks deskripsi?

Tujuan utama dibuatnya teks deskripsi ialah agar si pembaca seolah-olah ikut merasakan atau tergambarkan sesuatu hal mengenai teks deskripsi yang kamu buat.

Sebutkan struktur mengenai teks deskripsi!

1. Identifikasi
2. Klasifikasi
3. Deskripsi Bagian.

Buatla contoh teks deskripsi dengan menggunakan bahasa inggris!

Tittle : My Pussy
I have a cat called Pussy, it is grayish white with very large eyes and deep yellow. Besides that it has a long tail and feathers that are so clean and soft.

Pussy is so fond of rope playing and likes to eat fish and chicken. Pussy always maintain cleanliness, even pee even he knows the place that has been provided. That is the state of my beloved Pussy, a gift from mama.

Jadi, jika adik adik siswa/i khususnya masih dalam jenjang pendidikan yang masih binggung tentang struktur teks deksripsi artikel dan lain lain, Maka makalah teks deskripsi ini sudah cukup mewakili jawaban untuk adik adik semua.

Demikianlah pembahasan artikel struktur teks deskripsi, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Struktur Teks Deskripsi Rating: 5 Diposkan Oleh: Author RumusRumus.com