Teks Debat

Posted on

Teks Debat – Buat kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan kata debat kan ?. Ternyata didalam debat terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar terlaksananya debat secara efektif dan efisien, baik bagaimana cara penyampaian di dalam forum debat hingga struktur yang terdapat didalamnya. Untuk itu marilah simak penjelasan secara rinci dibawah ini :

teks debat

Pengertian

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), debat ialah sebagai pembahasan dan petukaran pendapat mengenai tentang suatu hal, dimana dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Disamping itu, Kemendikbud (2015) mendefinisikan debat sebagai suatu kegiatan dimana mempertahankan pendapat dengan disertai argumen serta mendukung pendapat.

Menurut pendapat Pratama dkk (2016 : 7), debat merupakan suatu kegiatan adu argumenasi terkait antara dua pihak maupun lebih artinya baik perorangan maupun kelompok sebagai bentuk upaya untuk mendiskusikan dan memutuskan lalu mengkaji perbedaan.

Dengan begitu, dapat disimpulkan teks debat ialah sebagai teks yang berisi pernyataan serta argumenasi atas pihak – pihak yang berdebat mengenai permasalahan tertentu dimana dengan tujuan untuk mendiskusikan, memutuskan, serta mengkaji perbedaan.

Tujuan

Berdasarkan pengertiannya, teks debat memiliki tujuan ialah :

  1. Dapat melatih keberanian untuk mengemukakan suatu pendapat.
  2. Dapat melatih mematahkan pendapat lawan debat.
  3. Dapat meningkatkan kemampuan untuk merespon sesuatu masalah.

Baca Juga : Contoh Cerpen

Unsur – Unsur

Berikut ini merupakan beberapa unsur dari teks debat yaitu :

1. Mosi

Pada mosi ini mengacu pada topik maupun tema yang didebatkan. Topik inilah yang menjadi dasar bagi masing – masing pihak yang berdebat agar menentukan sikap dan menyatakan pendapat disertai dengan argumen pendukung.

2. Tim Afirmasi

Merupakan tim dimana bertugas untuk mendukung mosi maupun tema debat, mendefinisikan tema debat yang akan dibahas, menyampaikan argumen – argumen yang mendukung kasus tim afirmasi, memberikan materi inti dimana diikuti contoh – contoh, serta merespon kasus tim oposisi.

3. Tim Oposisi

Merupakan tim yang bertugas untuk menolak mosi maupun tema debat, memberikan tanggapan definisi tim afirmasi, menyampaikan argumen penolakan mosi, serta merespon argumen – argumen dari tim afirmasi.

4. Tim netral 

Tim ini ialah yang tidak mendukung maupun menolak mosi atau tema debat.

5. Moderator 

Moderator ialah seseorang yang mengacu pemandu debat maupun orang yang mengarahkan jalannya debat tersebut.

6. Penulis

Merupakan seseorang dimana bertugas untuk mencatat segala sesuatu yang dinyatakan didalam perdebatan tersebut.

Struktur

Sebagaimana struktur teks yang lainnya, teks debat memiliki struktur tersendiri yang membedakan dengan struktur teks lainnya. Berikut merupakan strukturnya :

1. Perkenalan

Pada tahapan perkenalan ini, ia menyampaikan salam pembuka dan memperkenalkan tim.

2. Penyampaian Argumentasi

Pada tahapan ini tiap tim yaitu Tim Afirmasi, Tim Oposisi, serta Tim Netral akan menyampaikan argumentasinya terhadap pernyataan topik yang dibahas.

Baca Juga : Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

3. Debat

Pada tahapan debat ini, setiap tim yaitu Tim Afirmasi dan Tim Oposisi saling memberikan komentar, sanggahan, lalu ditengahi dengan tim netral.

4. Simpulan

Pada tahapan ini Tim Afirmasi, Tim Oposisi, serta Tim Netral menyampaikan simpulan terkait mosi, pendapat, serta sanggahan dari tim lain.

5. Penutup

Pada tahapan penutup ini moderator memberikan kesimpulan dengan secara keseluruhan tanpa berpihak, kemudian diikuti untuk menutup kegiatan debat dengan salam.

Contoh Teks Debat

Berikut merupakan contohnya, agar kalian dapat memahami lebih dalam lagi :

1. Tim Afirmasi :

Program operasi kebersihan pada tiap – tiap sekolah, kami setuju dengan adanya operasi kebersihan di sekolah, karena kebersihan merupakan kunci dari kenyamanan, keamanan, didalam kegiatan belajar mengajar serta menjadi momok bagi siswa khususnya supaya dapat termotifasi tentang kebersihan.

2. Tim Oposisi :

Sebaliknya, kami tidak setuju dengan adanya operasi kebersihan, karena terdapat beberapa alasan dimana pertama, masalah psikologis pada kurulikulum kurtilas ini siswa harus ditekankan untuk belajar seharian penuh, sedangkan hal itu telah membutuhkan tenaga yang ekstra. Namun, akan atau mau di tambah lagi dengan adanya opsi tersebut, bagaimana nanti siswa dapat fokus belajar kalau dalam keadaan fisik yang kurang memadai atau vit karena opsi yang kalian maksud.

3. Tim Netral

Telah disampaikan 2 hal oleh kedua kubu memang masuk akal, namun kami disini memberikan solusi untuk masalah ini, memang benar dengan adanya opsi maka akan terjadi penurunan konsentrasi akibat kelelahan. Tapi disamping itu, kebersihan juga penting. Sehingga solusinya ialah bagaimana si siswa supaya bisa menghilangkan rasa capek dengan adanya opsi yaitu dengan cara pemberian jam istirahat yang lebih optimal, dan pemberian berupa waktu untuk bercengkrama dengan sesama temanya supaya terjadi keakraban antar siswanya, dan tentu mengembalikan semangat mereka untuk belajar kembali.

Baca Juga : Contoh Konflik Sosial

Apakah manfaat debat ?

Manfaat debat ialah sebagai berikut :
1. Mempertahankan Agrumen.
2. Membela Diri.
3. Menyelesaikan Masalah.
4. Mengambil Keputusan Yang Terbaik.

Bagaimana kaidah kebahasaan teks debat ?

Berikut kaidah kebahasaannya :
1. Kaidah bahasa Indonesia yang digunakan harus benar serta sesuai dengan kaidah bahasa baku.
2. Ide yang diungkapkan harus benar atau tepat sesuai dengan fakta yang ada dan bisa diterima oleh akal sehat (logis), dan hanya mempunyai satu makna, padat, langsung menuju sasaran, runtun serta sistematis.
3. Kata yang dipilih tersirat makna yang sebenarnya (denotatif).

Apa perbedaan debat dengan diskusi ?

Diskusi merupakan suatu pertukaran pendapat serta gagasan. Sedangkan debat merupakan suatu bentuk kontes formal argumentasi yang terjadi antara dua orang maupun kelompok.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Related posts: