Valuta Asing

Posted on

Valuta Asing – Tanpa disadari bagi kalian yang sering melakukan perjalanan keluar tentu sering membelanjakan uang kalian disana. Hal ini tentu harus adanya penukaran mata uang dikarenakan mata uang yang dipergunakan ialah mata uang internasional. Dengan begitu kalian perlu melakukan penukaran mata uang agar dapat membeli barang yang diinginkan tersebut untuk melakukan transaksi pembayaran yang dapat diterima dan diakui oleh dunia internasional. Maka untuk lebih jelasnya simaklah penjelasan secara rinci dibawah ini !

valuta asing

Pengertian

Suatu mata uang dimana digunakan dalam dunia perdagangan internasional, dan sudah diterima maupun diakui oleh banyak negara yang telah terlibat didalamnya disebut juga sebagai valuta asing atau dikenal dengan istilah valas.

Baca Juga : Pelaku Ekonomi

Menurut Para Ahli

Disamping memiliki pengertian secara umum, berikut beberapa pengertian menurut beberapa ahli ialah :

1. Eng, Lees, & Mauer

Valuta asing adalah suatu mata uang asing dimana berlaku sebagai klaim keuangan maupun aset pada sebuah perusahaan dengan bentuk mata uang asing tersebut.

2. Hamdy Hadi

Valuta asing adalah mata uang asing dimana memiliki fungsi sebagai alat pembayaran, untuk membiayai tiap – tiap transaksi dalam kegiatan ekonomi keuangan internasional dan memiliki catatan kurs resmi pada bank sentral yang ada.

3. Jose Rizal Joesoef

Valuta asing adalah suatu mata uang asing dimana dipakai sebagai alat pembayaran di luar negeri tersebut.

Tujuan

Terdapat beberapa tujuan didalamnya, ialah sebagai berikut :

  • Sebagai alat atau media untuk bertransaksi
  • Sebagai alat atau media untuk mempertahankan daya beli
  • Dapat mengirimkan uang ke luar negeri secara mudah
  • Bertujuan untuk mendapatkan keuntungan atau profit
  • Bertujuan untuk pemagaraan resiko (hedging)
  • Dapat mempermudah segala kegiatan belanja di negara lain

Fungsi

Disamping memiliki tujuan, tentu memiliki beberapa fungsi didalamnya ialah sebagai berikut :

1. Alat Memperlancar Perdagangan Internasional

Tiap negara yang ada di segala penjuru dunia dapat lebih gampang untuk melakukan kegiatan jual beli karena tidak perlu susah payah memikirkan mata uang yang berbeda dengan negara lain, artinya tidak mengalami kendala maupun masalah atas pemakaian mata uang tersebut.

2. Alat Pengendali Kurs

Kurs pada suatu negara bisa jadi menguat maupun melemah dalam jangka sewaktu – waktu. Karenanya, adanya pengelolaan tingkat atas pemakaian suatu valuta asing tertentu, maka suatu negara dapat mengendalikan nilai tukar mata uang mereka secara lebih mudah.

3. Alat Tukar Internasional

Dengan adanya valuta asing maka berfungsi sebagai uang dimana digunakan sebagai alat tukar menukar barang didalam dunia perdagangan internasional karena telah diakui dan diterima.

4. Alat Pembayaran Internasional

Disamping sebagai alat pembayaran yang sah dan sudah diakui oleh dua pihak negara tersebut, sehingga memiliki peranan yang begitu penting terhadap dunia perdagangan internasional.

Pelaku Pasar

Terdapat beberapa pelaku pasar dalam valuta asing, ialah sebagai berikut :

1. Dealer / Market Maker)

Dealer merupakan pihak dimana membuat pasar mata uang akan menjadi semakin akttif atau hidup. Dealer ini bertugas untuk menentukan tingkat atas persediaan mata uang tertentu serta mendapatkan profit (keuntungan), dimana profit tersebut dari selisih harga jual dengan harga beli valuta asing tersebut

Pada negara yang berperan sebagai dealer ini ialah seluruh Bank yang berada di dunia atau negara tersebut.

2. Perorangan / Perusahaan

Perusahaan pihak swasta dimana juga terlibat terhadap kegiatan transaksi perdaganagn valuta asing, hal ini bertujuan untuk melancarkan jalan bisnisnya. Sebagai contoh ialah importir, eksportir, investor, serta sebagainya.

Baca Juga : Pembangunan Ekonomi

3. Arbitrator & Spekulan

Pihak ketiga didalam suatu perundingan dimana dapat memaksakan segala kesepatakan untuk mendapatkan keuntungan dimana dengan memakai perbedaan harga disebut juga sebagai arbitrator.

Sedangkan orang yang menspekulasikan segala perubahan yang terjadi pada nilai mata uang tertentu agar mendapatkan suatu keuntungan bersdasarkan perubahan maupun fluktuasi harga umum disebut sebagai spekulan.

Kedua hal ini tentu melaksanakan tindakan atas kemauannya sendiri serta seringkali mereka tidak mempunyai kewajiban untuk melayani pembeli dan tidak menjamin terhadap keberlangsungan pasarnya.

4. Pialang

Suatu pihak dimana memiliki tugas untuk menjadi perantara pada pertemuan penawaran (penjual) serta permintaan (pembeli) dimana berdasarkan harga sebuah mata uang tertentu disebut sebagai pialang.

Karena tugasnya tersebut maka tidak jarang, jika pialang ini mempunyai akses untuk dapat berkomunikasi bersama dealer maupun bank yang terdapat di seluruh dunia.

5. Bank Sentral

Bank Sentral merupakan pihak yang mempunyai peran sebagai pengontrol pasar, dimana bank ini berupaya untuk melakukan pengendalian terhadap mata uang negara, inflasi, maupun suku bunga negara.

Bank sentral dapat melaksanakan pengendalian kondisi ekonomi melalui pemanfaatan adanya cadangan devisa yang ada.

6. Pemerintah

Didalam perdagangan valas ini tentu pemerintah juga ikut serta didalamnya disamping memakai berbagai instrumen di dalam negaranya, dimana hall ini untuk mencari keuntungan setinggi – tingginya demi menambah pendapatan nasional atau GNP.

Dimana nantinya dapat digunakan untuk membayar hutang luar negeri serta segala kebutuhan di negaranya. Disamping itu juga, pendapatan yang didapatkan dari pasar nantinya akan ditukarkan ke dalam mata uang negara tersebut.

Berikan contoh valuta asing !

Saat keluarga kamu berlibur ke Amerika, tentunya akan membelanjakan barang dan jasa di negara tersebut. Nah agar keluarga kamu dapat memenuhinya tentu kalian akan membayar pakai uang yang berlaku dinegara tersebut.

Namun, dengan menggunakan valuta asing (valas) kamu dan keluarga dapat menggunakan mata uang ini dimana bisa diterima di dalam dunia perdagangan antarnegara.

Dimana untuk uang yang banyak diterima di seluruh negara ialah Dollar, maka ketika keluarga kamu berlibur di negara itu dapat menggunakan dollar tersebut sebagai penggantinya.

Apakah manfaat valuta asing ?

Dengan adanya pasar valuta asing maka akan memperlancar segala transaksi yang terjadi diantar negara tertentu sehingga akan meningkatkan devisa di negara tersebut

Apa yang dimaksud kurs valuta asing ?

Kurs valuta asing merupakan perbandingan harga atau nilai di negara asing dengan negara kita sendiri

Baca Juga : Apa Yang Dimaksud Dengan Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Related posts: