Bagaimana Sifat Pendudukan Jepang Di Indonesia

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Bagaimana Sifat Pendudukan Jepang Di Indonesia ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini secara rinci dan semoga membantu anda didalam menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak anda.

bagaimana sifat pendudukan jepang di indonesia

Bagaimana Sifat Pendudukan Jepang Di Indonesia

Pembahasan :

Pendudukan Jepang di Indonesia mempunyai karakteristik sebagai berikut :  

1. Dilakukan Dengan Memikat Hati Bangsa Indonesia

Pada dasarnya cara Jepang ialah dengan memperdengarkan lagu kebangsaan kita, mulai dari Radio Tokyo secara terus – menerus dimana dengan disertai pidato para pahlawan bangsa yang membuat rakyat Indonesia meyakini jika Jepang ingin membantu serta membawa Indonesia merdeka dari jajahannya.  

2. Dengan Membawa Semboyan 3G

Semboyan 3G ialah : Gold, Glory, serta Gospel. Jepang mengatakan jika mereka merupakan saudara tua Indonesia serta datang untuk membawa Indonesia untuk merdeka.  

3. Melakukan Propaganda

Kepada masyarakat Indonesia mengenai 3A, dimana untuk memberi kesan kepada bangsa Indonesia bahwa Jepang ialah negara yang kuat serta mampu membantu Indonesia  

Saat itu banyak terjadi rayuan, propaganda, serta tipu muslihat. Sebagai contoh banyak pahlawan Indonesia yang dibebaskan dari pengasingan serta juga penggunaan bahasa Indonesia yang diperbolehkan, padahal dibaliknya itu hanya demi mendapatkan hati bangsa Indonesia saja .  

Dari penjabaran diatas dapat disingkat, bahwa Jepang mempunyai karakteristik penjajahan dengan cara propaganda serta tipu muslihat. Dengan begitum seolah – olah Indonesia merasa diuntungkan dengan kehadiran Jepang dimana dinilai bisa membawa bangsa Indonesia kepada kemerdekaan yang lebih dekat lagi.

Kesimpulan :

Sifat kependudukan jepang sangatlah kejam bagi bangsa Indonesia, namun dari seluruh itu bangsa Indonesia bisa mengambil hal – hal, dimana menurut mereka patut untuk di tiru, seperti adanya kerja paksa. Bangsa Indonesia di ajarkn untuk berkerja keras, dimana kedua dri PBB bangsa Indonesia diajarkn secara baris berbaris, bagaimana cara memegang senjata dengan baik, serta cara bertempur.

Walaupun tindasan yang luar biasa dari bangsa Jepang, tetapi Indonesia bisa merdeka serta mengambil hal – hal positif dimana di lakukan Jepang terhadap rakyat Indonesia

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca juga artikel lainnya :

Rate this post
Related posts: