Bangsa Eropa Yang Pertama Kali Mencapai Kepulauan Nusantara Adalah

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Bangsa Eropa Yang Pertama Kali Mencapai Kepulauan Nusantara Adalah ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini.

bangsa eropa yang pertama kali mencapai kepulauan nusantara adalah

Bangsa Eropa Yang Pertama Kali Mencapai Kepulauan Nusantara Adalah …..

Jawaban

Pendahuluan :

Bangsa Portugis adalah bangsa Eropa pertama yang mencapai Kepulauan Nusantara. Pencarian mereka agar mendominasi sumber perdagangan rempah – rempah yang menguntungkan pada awal abad ke-16 serta usaha penyebaran Katolik Roma mereka yang berbarengan menyaksikan pendirian pos serta benteng perdagangan, dan unsur budaya Portugis yang kuat dan masih tetap penting di Indonesia.

Pembahasan :

Bangsa Eropa yang pertama kali telah mencapai Kepulauan Nusantara ialah negara Portugis.

Penjelajahan ke Dunia Timur pertama kali telah dipelopori oleh bangsa Portugis, dimana dipimpin oleh Alfonso de Albuquerque pada tahun 1511. Dan kemudian diikuti oleh bangsa Spanyol, yang dipimpin oleh Yan Sebastian del Cano pada tahun 1521.

Berita mengenai Portugis yang telah menemukan Dunia Timur didengar oleh Kerajaan Belanda melalui para pedagang Belanda yang membeli rempah – rempah di Lisabon, Portugis. Akhirnya belanda pun mengirim kapalnya di bawah pimpinan Cornelis de Houtman dengan Piter de Keyser pada tahun 1595. Serta terakhir ialah bangsa Inggris yang mengirim kapal Mayflower di bawah kongsi kelompok Pelgrim Father pada saat itu.

Inggris mengirimkan kapalnya dikarenakan permusuhan yang timbul terhadap sebuah bangsa Portugis di pusat perdagangan rempah – rempah Lisabon. Inggris telah diboikot oleh Portugis hingga akhirnya Inggris berusaha menemukan Dunia Timur sendiri.

Jadi, jika adik adik siswa/i khususnya masih dalam jenjang pendidikan yang masih binggung mengenai pertanyaan tersebut artikel dan lain lain, Maka makalah pembahasan ini sudah cukup mewakili jawaban untuk adik adik semua.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai sebuah pertanyaan, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Related posts: