Fungsi Tulang Paha

Posted on

Apa Fungsi Tulang Paha ? – Setelah sebelumnya kita telah membahas berbagai fungsi tulang yang ada ditubuh kita sendiri, dalam kesempatan kali ini rumusrumus.com akan mengupas secara rinci khusus mengenai makalah fungsi tulang paha pada manusia.

fungsi tulang paha
fungsi tulang paha

Jika kalian semua belum terlalu memahami ataupun mengetahui tentang tulang yang satu ini, alangkah baiknya kalian semua dapat menyimak sebuah penjabaran berikut ini mulai dari apa pengertian tulang paha? apa fungsi tulang paha? apasaja bagian-bagian dari tulang paha? otot-otot apa yang melekat didalamnya? agar pengetahuan kalian semua mengenai tulang paha ini bertambah. Untuk itu simaklah penjabaran ini dengan seksama

Pengertian Tulang Paha

Tulang paha adalah tulang terbesar dan terkuat dalam tubuh, yang letaknya berada di bagian paha manusia. Fungsi tulang paha penting untuk menyangga tubuh serta menopang badan saat berjalan dan beraktivitas.

Berdasarkan istilah ilmiah, bahasa latin tulang paha disebut juga sebagai “femur”. Dapat juga dikatakan jika letak tulang paha berada di antara tulang pinggul dan lutut serta menjadi penghubung keduanya, dimana didalamnya terdapat banyak sekali otot-otot dan ligamen yang melekat.

Baca Juga : Fungsi Tulang Betis

Fungsi Tulang Paha

Setelah mengetahui arti dari tulang paha, berikut merupakan fungsi yang ada didalamnya :

1. Sebagai Penyangga Dan Penopang Badan

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa fungsi utama tulang paha ialah untuk menyangga badan dan menopang tubuh. Tanpa adanya tulang paha, maka kita tidak akan dapat berdiri maupun berjalan, karena tulang paha menyokong serta menahan berat tubuh manusia.

2. Menghubungkan Tulang Pinggul Dan Lutut

Tulang ini juga mempunyai fungsi sebagai penghubung atau terkait antara tulang bagian pinggul dengan bagian lutut tersebut.

3. Sebagai Tempat Melekatnya Otot-Otot Besar

Tulang paha menjadi sebuah tempat melekatnya otot-otot besar. Terdapat dua macam otot yang berada di tulang paha, yaitu otot origo dan insersio.

4. Alat Gerak Manusia Bagian Bawah

Tulang paha juga berfungsi untuk membantu kaki bergerak dengan gerakan lurus ataupun menekuk ke arah pinggul, sehingga penting sebagai sebuah alat gerak manusia bagian bawah.

5. Tempat Memproduksi Sel Darah Merah

Tulang paha juga memproduksi sel darah merah, walaupun bukanlah fungsi utama. Proses pembentukan sel darah merah terjadi pada sumsum tulang paha tepatnya di bagian sumsum merah yang tersimpan di antara rongga-rongga dalam tulang paha.

Baca Juga : Fungsi Tulang Hasta

6. Tempat Melekatnya Tempurung Lutut

Fungsi tulang paha berikutnya ialah sebagai tempat melekatnya tempurung lutut yang juga begitu penting untuk menopang badan kita.

7. Sebagai Tulang Terbesar dan Terkuat pada Tubuh

Tulang paha menjadi tulang terbesar serta terkuat pada tubuh yang berfungsi sebagai transmisi kekuatan dari tibia ke sendi panggul.

8. Menghasilkan Sendi Condylar

Pada ujung distal tulang paha terdapat condylus yang dapat membuat sendi condylar bersama lutut. Terdapat dua macam condylus yaitu condylus medialis serta condylus lateralis.

Bagian-Bagian Dalam Tulang Paha

Dibawah ini merupakan penjabaran bagian-bagian yang ada dalam tulang paha antara lain :

gambar-tulang-paha
gambar tulang paha

Proximal Femur

Proximal femur dimana posisinya berdekatan dengan tulang pelvis ataupun tulang pinggul serta terdiri dari kepala, leher, trochanter, mayor dan minor dan juga median femur.

Distal femur

Distal femur merupakan bagian tulang paha yang melekatnya dengan tempurung lutut.

Sendi tulang paha yang menghubungkannya dengan pinggul terletak pada kepala tulang paha di bagian proximal yang berfungsi sebagai tempat pembentukan sel darah merah.

Keterkaitan hubungan keduanya dikenal dengan sebutan artukilasi asetabulum. Sendi yang terdapat pada artikulasi estabulum merupakan sendi bola ataupun sendi gerak yang memungkinkan terjadinya pergerakan yang mengarah ke bagian sebuah panggul.

Dan otot yang melekat pada paha ialah di bagian trochanter minor dan mayor pada proximal femur. Dengan hal lain tulang paha juga bergabung dengan beberapa otot yang dapat di hubungkan dengan tronkanter.

Trochanter inilah yang menghubungkan tulang paha dengan otot-otot besar, seperti otot bagian paha dan otot bagian bokong yang memang ukuran ototnya besar.

Baca Juga : Fungsi Trakea

Seperti sudah dijabarkan di atas jika tulang paha ataupun femur ialah tulang terbesar dan terkuat. Oleh karenanya dengan adanya tulang paha manusia bisa berjalan dan menyokong tubuh yang begitu berat.

Maka apabila tulang paha cidera atau retak, dapat di pastikan manusia tidak dapat berjalan untuk sementara waktu. Tidak begitu banyak orang juga melatih kekuatan tulang pahanya, karena otot tulang paha akan kuat jika tulang paha juga kuat.

Otot-Otot Pada Tulang Paha

Terdapat 2 macam bagian otot-otot yang melekat pada tulang paha, dimana dapat dibedakan menjadi inserio dan origo. Berikut penjelasan secara rincinya :

Otot Tulang Paha Inserio

Otot Insersio mempunyai pergerakan yang tidak tetap ataupun berubah posisi apabila kontraksi dilakukan.

  1. Otot iliopsoas
  2. Otot tensor fasciae latae
  3. Otot gluteus maximus
  4. Otot gluteus medius

Otot Tulang Paha Pada Origio

Sementara Otot Origo merupakan otot yang mempunyai pergerakan stabil ataupun tetap saat dilakukan kontraksi.

  1. Otot vastus lateralis
  2. Otot vastus intermedius
  3. Otot gastrocnemius
  4. Otot vastus medialis
Apa istilah bahasa lain dari tulang paha?

Menurut bahasa latin “femur” adalah tulang paha

Apa fungsi terpenting dengan adanya tulang paha?

Fungsi tulang paha yang begitu penting ialah untuk menyangga tubuh serta menopang badan saat berjalan maupun melakukan aktivitas.

Jenis tulang apa yang dikenal dengan tulang terbesar dan terkuat?

Tulang paha yang bentuknya besar, dan kuat untuk menopang badan kita ini.

Jadi, jika adik adik siswa/i khususnya kelas 5 sd (sekolah dasar) yang masih binggung tentang fungsi tulang paha artikel dan lain lain, Maka makalah tulang paha ini sudah cukup mewakili jawaban untuk adik adik semua.

Demikianlah pembahasan tentang fungsi tulang paha, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Rate this post
Related posts: