Kalimat Sumbang

Posted on

Kalimat Sumbang – Jika pada suatu paragraf terdapat kalimat yang jauh pembahasannya atau penjelasannya dari jalur topik pembicaraan ataupun tidak mendukung suatu gagasan utama dalam paragraf itu, maka kalimat itu dapat dikatakan sebagai kalimat yang sumbang

Kalimat ini sering disebut dengan kalimat tidak padu sehingga dapat berakibat dari kesalahan penulisnya didalam menuangkan ide, ataupun suatu unsur kesengajaan yang ditunjukkan sebagai umpan balik yang dapat berupa humor atau informasi si pembacanya.

Pengertian

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kalimat sumbang merupakan kalimat yang tidak mendukung bahkan bertolak belakang dengan kalimat utamanya.

Kalimat sumbang merupakan suatu kalimat yang tidak mempunyai keterkaitan sama sekali dengan keseluruhan isi yang ada diparagraf, namun ia dapat saja bertolak belakang dengan kalimat topik pembahasannya.

Kalimat ini lazimnya disebut dengan kalimat tidak padu yang diakibatkan karena kesalahan penulisnya didalam menuangkan ide, ataupun suatu unsur kesengajaan yang ditunjukkan sebagai umpan balik yang dapat berupa humor atau informasi si pembacanya.

Ciri – Ciri

  • Kalimat ini biasanya tidak terdapat kaitan dengan kalimat gagasan.
  • Kalimat ini tidak nyambung dengan kalimat sebelum ataupun sesudahnya.
  • Suatu ide gagasan yang terdapat pada kalimat bahkan dapat bertolak belakang dengan ide utama penulis.

Cara Menentukan

  • Baca keseluruhan semua paragraf hingga akhir, lalu tentukan gagasan utama beserta kalimat utama.
  • Bacalah secara teliti, satu demi satu kalimat dalam paragraf dan perhatikanlah apakah kalimat itu berhubungan dan saling mendukung terhadap kalimat utamanya. Lihat juga kesinambungannya terhadap kalimat-kalimat penjelas pada paragraph itu. Tetapi jika ketidaksinambungan itu ada, maka kalimat tersebut merupakan kalimat sumbang.
  • Baca ulang kalimat yang dikira sumbang terhadap kalimat lainnya lalu hubungkan dengan konteksnya sehingga tidak terjadi keliruan untuk menentukan kalimat sumbang yang sengaja dibikin dengan tujuan umpan balik yang benar-benar sumbang disebabkan karena kesalahan si penulis.

Contoh Beserta Penjelasan

Bagian 1

Kakakku merupakan penari yang hebat. (1). Beliau menekuni seni tari sejak dibangku sekolah dasar. (2). Pada usia memasuki SMP, ia mulai ikut andil mengikuti kompetisi tarian. (3). Ia mempunyai hobi bermain game. (4). Prestasinya di bidang seni tari tidak diragukan lagi. (5). Sudah banyak prestasi tarinya sehingga ia sering diundang di berbagai tempat acara yang sangat terpandang. (6). Akhir tahun ini, ia berhasil meraih penghargaan tingkat internasional di bidang seni tari bersama dengan teamnya. (7). Kini, ia juga mulai membangun sanggar seni tari di kota kelahirannya, Denpasar, Bali. (8)

Penjelasan : Gagasan utama yang ada pada paragraf di atas ialah tentang kakak sang tari yang menjadi penari hebat, dan kalimat utamanya ada pada kaliamat nomor satu yaitu “kakakku merupakan penari yang hebat”.

Jika ditinjau kalimat utama terdapat pada kalimat nomor 1, maka seharusnya kalimat selanjutnya sebagai kalimat penjelas dimana mendukung kalimat utama itu. Terdapat kalimat nomor 2, 3, 5, 6, 7, dan 8 yang isinya mendukung kalimat utama tersebut. Namun pada kalimat nomor 4 yang tidak mendukung kalimat utama, tetapi malah jauh keluar dari topik pembicaraan yang dibahas.

Bagian 2 :

Bernyanyi karaoke bisa mengurangi kepenatan (1). Hal ini adalah hasil dari kegembiraan yang keluar didalam diri ketika kita mengekspresikannya lewat lagu. (2). Setelah seminggu penuh menjalani aktifitas, tidak hanya tubuh yang perlu asupan nutrisi, rohani pun harus dijaga kesehatannya untuk performa kerja yang lebih baik lagi di minggu yang akan datang. (3). Karaoke dapat dijadikan suatu media penyaluran emosi yang sudah tertahankan selama kalian bekerja. (4) Karena memberikan dampak positif tersebut, pekerja diajukan untuk pergi karaoke bersama teman-temannya setelah pulang kerja. (5) Jika Anda takut, jangan Anda jalankan, karena dapat membahayakan nyawa disekitar anda.(6)

Penjelasan : Pada paragraf diatas, kalimat nomor 5 merupakan kalimat yang sumbang karena kalimat tersebut tidak ada kaitannya dengan kalimat utama. Karena pada pembahasa diatas membicarakan berbagai manfaat atas pelaksanaan karaoke.

Bagaimana teman – teman ? Tidaklah sulitkan untuk menentukan mana kalimat yang sumbang. Kalian hanya perlu memainkan logika untuk melihat dimana kesinambungannya serta teliti dalam membaca tiap kalimatnya. Jangan tergesa – gesa jika menjawab pertanyaan tentang kalimat ini, pahami dan baca ulang untuk meyakinkan jawabannya yang pasti.

Apa nama lain dari kalimat sumbang ?

Kata lain dari kalimat sumbang adalah kalimat tidak padu

Apa yang menyebabkan terjadinya kalimat sumbang ?

Kalimat ini biasanya dikarenakan kesalahan dari si penulis ataupun suatu unsur kesengajaan demi umpan balik humor ataupun informasi

Langkah awal apa untuk menentukan kalimat sumbang ?

Langkah awalnya yaitu kita lihat dahulu topik utama atau gagasan yang akan dibahas pada kalimat tersebut

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca juga artikel lainnya :

Related posts: