Operasi Gurita Dicetuskan Oleh

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai sebuahOperasi Gurita Dicetuskan Oleh……. Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini

operasi gurita dicetuskan oleh

Operasi Gurita Dicetuskan Oleh…..

Jawaban :

Operasi Gurita ini dicetuskan oleh Laksamana Takeo Kurita dari Jepang

Tepatnya pada tanggal 7 Desember 1942, Jepang berhasil menaklukan sekutu yaitu dengan sukses membombardir pangkalan laut Amerika Serikat yaitu Pearl Harbour. Sesudah itu Jepang mengincar kawasan Asia Tenggara dimana salah satunya Indonesia yang saat itu masih dalam Hindia Belanda.

Jepang melakukan ekspansi ke Indonesia karena ingin menguasai kekayaan sumber daya alam Indonesia diantaranya ialah minyak serta hasil karet.  

Jepang melaksanakan pendaratan di Indonesia sekitar pada bulan Januari 1942 dimana dipimpin langsung oleh Laksamana Takeo Kurita. Strategi yang diterapkan Jepang untuk menduduki pulau Jawa ialah dengan merencanakan serangan yang disebut Operasi Gurita (Octopus).

Operasi ini yang bertujuan mengepung Jawa, terbagi atas dua yaitu Gurita Barat (Western Octopus) berawal dari Laut Cina Selatan terus melalui Kalimantan bagian Utara kemudian ke Jawa. Sedangkan Gurita Timur (Eastern Octopus) dimulai dari Fillipina terus melalui selat Makassar kemudian ke Jawa Tengah serta Jawa Timur.

Rencana serangan ini dipimpin Laksamana Takeo Kurita dengan berjalan sukses serta ditandai dengan menyerahnya Belanda atas Jepang sekitar Maret 1942.

Kolega-kolega Belanda memadati daerah kalijati. Belanda pada saat itu menguasai Indonesia semakin tersudut sehingga terpaksa menandatangani Perjanjian Kalijati yang dibuat tersebut.    

Setelah pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa Jepang untuk menduduki Indonesia (Hindia Belanda) khususnya Pulau Jawa terwujud melalui serangan operasi Gurita yang dicetuskan oleh Laksamana Takeo Kurita. Keberhasilan Jepang menekuk sekutu membuat Jepang semakin terus kuat.

Jadi, jika adik adik siswa/i khususnya masih dalam jenjang pendidikan yang masih binggung mengenai pertanyaan tersebut artikel dan lain lain, Maka makalah pembahasan ini sudah cukup mewakili jawaban untuk adik adik semua.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai sebuah pertanyaan, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Related posts: