Pengertian Ketahanan Nasional

Posted on

Pengertian Ketahanan Nasional – Adanya ketahanan nasional tentu akan menertibkan segala bentuk yang terjadi di dalam negara. Umumnya ketahanan nasional ini berisikan suatu keuletan maupun ketangguhan dimana mengandung kemampuan agar mengembangkan kekuatan nasional untuk menghadapi serta mengatasi seluruh tantangan, ancaman, hambatan, maupun gangguan.

pengertian ketahanan nasional

Gangguan tersebut terjadi, baik yang datang pada luar ataupun dari dalam Negara untuk menjamin identitas, integritas, dan juga kelangsungan hidup bangsa dan Negara. Bahkan tidak hanya itu, karena tentunya juga mencapai perjuangan untuk tujuan nasional. Berikut telah kami jabarkan mulai dari pengertian ketahanan nasional hingga unsur dan lainnya yang berkaitan didalamnya dibawah ini.

Pengertian

Suatu keadaan secara dinamis Negara Indonesia dimana mencakup segenap aspek kehidupan nasional yang terintegrasi, ialah kesatuan seluruh bidang kehidupan nasional suatu bangsa, dimana baik pada unsur sosial ataupun alamiah, baik bersifat potensional ataupun fungsional disebut dengan ketahanan nasional (tannas) Indonesia.

Baca Juga : Perbedaan Hukum Publik Dan Hukum Privat

Konsepsi

Konsepsi pengebangan kekuatan nasional didasarkan oleh Pancasila, UUD 1945 serta Wawasan Nusantara, dimana melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan maupun keamanan yang seimbang, serasi serta selaras secara menyeluruh pada semua sisi aspek kehidupan.

Dengan kata lain, suatu pedoman dimana agar meningkatkan keuletan serta ketangguhan bangsa yang mengandung suatu kemampuan pengembangan terhadap ke­kuatan nasional dimana melalui pendekatan kesejahteraan maupun keamanan.

Dengan pendekatan ini, maka antara kesejahteraan dan keamanan ini bisa dibedakan, namun tidak bisa dipisahkan. Penyelenggaraan kesejahteraan memerlukan tingkat keamanan tertentu, dan sebaliknya penyelenggaraan keamanan memerlukan tingkat kesejahteraan tertentu.

Sistem kehidupan nasional tidak bisa berlangsung dikarenakan keduanya yang berhubungan ialah nilai intrinsik yang berada pada kehidupan nasional, hal ini akan terjadi tanpa adanya kesejahteraan dan keamanan. Karena tingkat kesejahteraan dan keamanan salah satu tolak ukur dalam ketahanan nasional.

Tiap – tiap peran gatra terhadap astagrata seimbang serta saling mengisi, artinya antargatra memiliki hubungan dimana saling berhubungan serta saling bergantung satu dengan lain secara utuh menyeluruh, agar membentuk tata laku masyarakat terhadap kehidupan nasional.

Dengan begitu, kesejahteraan bisa diilustrasikan sebagai kemampuan bangsa dimana menumbuhkan serta mengembangkan nilai – nilai nasionalnya untuk kemakmuran rakyat secara adil dan merata. Sebaliknya keamanan ialah kemampuan bangsa agar melindungi nilai – nilai nasionalnya agar terhindar dari ancamanluar negeri.

Sifat-Sifat

Ketahanan nasional memiliki beberapa sifat didalamnya ialah sebagai berikut :

1. Dinamis

Artinya tidaklah tetap, melainkan bisa menaikkan ataupun menurun dimana terkait pada situasi maupun kondisi bangsa & negara, maupun kondisi lingkungan strategisnya. Karena pada hakikatnya segala sesuatu di dunia ini selalu berubah, tentunya perubahan ini menjadikan lebih baik lagi kedepannya.

2. Mandiri

Suatu ketahanan nasional dimana bersifat percaya terhadap kemampuan dan kekuatan sendiri dimana dilakukan dengan keuletan dan ketangguhan yang mengandung prinsip tidak mudah menyerah dan bertumpu dengan identitas, integritas, serta kepribadian bangsa. Sehingga, kemandirian ini ialah prasyarat agar menjalin kerja sama yang begitu menguntungkan terhadap perkembangan global.

3. Konsultasi & Kerjasama

Artinya tidak mengutamakan sikap konfrontatif maupun antagonis, tidak mengandalkan kekuasaan atau kekuatan fisik saja, namun lebih ke sifat konsultatif, kerjasama serta saling menghargai dimana dengan mengandalkan pada kekuatan moral atau kepribadian bangsa.

Baca Juga : Perbedaan Candi Hindu Dan Budha

4. Manunggal

Artinya mempunyai sifat integratif dimana terwujudnya kesatuan serta perpaduan secara seimbang, serasi, dan selaras di antara semua sisi aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan juga bernegara.

5. Wibawa

Suatu hasil pandangan dimana bersifat manunggal, bisa mewujudkan kewibawaan nasional yang akan diperhitungkan pada pihak lain. Dengan begitu, bisa menjadikan suatu daya tangkal suatu negara. Dengan semakin tinggi daya tangkal sebuah negara, semakin besar juga kewibawaannya.

Unsur-Unsur

unsur – unsur ketahanan nasional ialah sebagai berikut ini :

1. Aspek Ideologi

Sebuah bangsa pada landasannnya memiliki serta membutuhkan filsafat hidup, dimana sebagai pedoman maupun pegangan terhadap pelaksanaan perjuangan demi mempertahankan kelangsungan hidup berbangsa maupun bernegara.

Filsafat hidup ini diterapkan sebagai pedoman hidup ini yang sejenis filsafat praktis pada suatu ideologi, pandangan hidup, pandangan dunia, dikarenakan sebagai dasar agar tercapai cita – cita bangsa.

2. Aspek Pancagatra

Dengan berlandaskan pada hubungan manusia terhadap Tuhan, hubungan manusia terhadap sesama, manusia terhadap alam sekitarnya, ataupun manusia terhadap dirinya sendiri dimana pada bentuk kebutuhannya.

Pada landasan hubungan ini, maka bisa dikelompokkan menjadi lima bidang maupun lima aspek dimana disingkat Ipoleksosbud Hankam. Ipoleksosbud Hankam ini akan dijabarkan pada konsep dasar terhadap rangka mengembangkan kekuatan Nasional dimana untuk menghadapi segala tantangan, ancaman, hambatan maupun gangguan.

Apakah tujuan adanya ketahanan nasional ?

Tujuan adanya ketahanan terdapat pada alinea ke 4 pada UUD 1945, dimana untuk membentuk sebuah pemerintahan dimana melindungi seluruh bangsa serta tumpah darah bangsa ini agar memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa serta ikut melaksankan ketertiban dunia.

Apakah asas – asas yang ada didalam ketahanan nasional ?

1. Asas Kesejahteraan & Keamanan
2. Asas Mawas ke Dalam & Mawas ke Luar
3. Asas Kekeluargaan
4. Asas Komprehensif Integral (Menyeluruh Terpadu)

Apakah fungsi adanya ketahanan nasional ?

Berfungsi untuk menjamin tetap terjadinya pola pikir, pola sikap, pola tindak serta pola kerja demi menyatukan langkah bangsa dimana bersifat inter – regional wilayah, inter – sektoral bahkan multi disiplin.

Baca Juga : Chauvinisme Adalah

Demikianlah pembahasan artikel Pengertian Ketahanan Nasional Adalah kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi kalian semua, khususnya para pembaca.

Related posts: