Jelaskan Bagaimana Penderitaan Bangsa Indonesia Akibat Penjajahan Pada Masa VOC

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Jelaskan Bagaimana Penderitaan Bangsa Indonesia Akibat Penjajahan Pada Masa VOC ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini secara rinci dan semoga membantu anda didalam menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak anda.

jelaskan bagaimana penderitaan bangsa indonesia akibat

Jelaskan Bagaimana Penderitaan Bangsa Indonesia Akibat Penjajahan Pada Masa VOC

Pendahuluan :

Penderitaan bangsa Indonesia yang disebabkan Penjajahan pada masa VOC begitu menderita. Hal ini dapat dilihat atas tingkat kehidupan masyarakat dimana sangat menderita, mulai dari perekonomian yang begitu sulit, kesehatan yang kurang serta sebagainya.

Pembahasan :

VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie) merupakan kongsi dagang milik Belanda dimana didirikan pada tanggal 20 Maret 1602. VOC mempunyai beberapa hak Istimewa diantara ialah :

  1. Hak Monopoli
    Hak Monopoli merupakan suatu hak untuk menguasai satu perdagangan yang ada di Negara.
  2. Hak Kedaulatan
    Hak kedaulatan merupakan hak dimana untuk menetapkan serta membuat peraturan, seperti peraturan mengenai pajak, menduduki suatu wilayah serta sebagainya.

Akibat penjajahan pada masa VOC, Indonesia mengalami penderitaan yang begitu berarti. Penderitaan tersebut ialah sebagai berikut :

  • Indonesia hanya boleh menjual hasil bumi terhadap VOC, dengan begitu ini tentu merugikan Bangsa Indonesia. Karena dengan menjual hasil bumi kepada VOC, VOC akan memberikan dengan harga yang murah terhadap Bangsa Indonesia. Dengan begitu, mengakibatkan pendapatan masyarakat langsung berkurang drastis. Sehingga kebutuhan masyarakat bangsa Indonesia pada masa VOC tidak dapat tercukupi dengan semestinya.
  • Banyak masyarakat bangsa Indonesia yang meninggal, dimana disebabkan oleh kerja paksa yang dilakukan oleh VOC. Saat itu bangsa Indonesia disuruh untuk Bekerja di ladang milik VOC.
  • Bangsa Indonesia disuruh membayar pajak berupa Hasil Bumi yang ada. Hal ini tentu akan mengurangi pendapatan bangsa Indonesia bahkan sangat merugikan bangsa Indonesia dari sisi keuangan serta perekonomian.
  • Belanda menyuruh membawa sewa lahan tanah dimana dimiliki bangsa Indonesia dengan secara paksa. Padahal lahan tersebut merupakan milik lahan bangsa Indonesia.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca juga artikel lainnya :

Related posts: