Bagaimana Teknik Dasar Menggambar Benda Tiga Dimensi

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Bagaimana Teknik Dasar Menggambar Benda Tiga Dimensi ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini secara rinci dan semoga membantu anda didalam menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak anda.

bagaimana teknik dasar menggambar benda tiga dimensi

Bagaimana Teknik Dasar Menggambar Benda Tiga Dimensi

Pendahuluan :

Menggambar ialah suatu proses pengungkapan gagasan seseorang dimana melalu suatu bahasa gambar. Seperti, seorang desainer ingin membuat sebuah guci, tentu ia akan membuat rancangan dalam bentuk gambar sebelum dibuat bentuk guci yang sesungguhnya atau sebenarnya. Untuk bisa membuat gambar yang baik, seseorang harus menguasai kemampuan menggambar terutama dalam menggambar sebuah bentuk.

Menggambar bentuk merupakan suatu cara menggambar dengan meniru objek serta mengutamakan kemiripan yang serupa. Semakin mendekati kemiripan rupa, artinya gambar bentuk yang dibuat semakin sempurna atau persis. Objek gambar bentuk dapat dari benda – benda mati, flora, fauna, manusia, maupun dari alam sekitar.

Nah jika ditinjau dari jenis benda yang akan digambar, menggambar bentuk tiga dimensi terdiri dari tiga jenis, ialah sebagai berikut :

1. Menggambar Bentuk Benda Kubistis

Benda kubistis merupakan suatu benda – benda dimana bentuknya menyerupai sebuah bangun kubus (balok). Seperti contoh : meja, kursi, lemari, bak sampah, kotak pensil, kulkas, serta sebagainya.

2. Menggambar Bentuk Benda Silindris

Benda silindris merupakan benda – benda dimana bentuknya menyerupai silinder (elips). Seperti contoh : botol, gelas, piring, mangkuk, teko, serta sebagainya.

3. Menggambar Bentuk Benda Bebas

Benda yang mempunyai bentuk bebas merupakan benda – benda dimana bentuknya secara tidak beraturan. Seperti contoh : buah – buahan, pepohonan, batu – batuan, serta benda – benda alam lainnya.

Jawaban :

Berikut contoh teknik menggambar benda tiga dimensi ialah :

1. Pertama buatlah sebuah sketsa sesuai dengan selera anda. Di artikel ini diambilkan contoh gambar seekor ular naga.

2. Selanjutnya, perjelaslah gambar sketsa yang telah anda buat tadi.

3. Agar lebih kelihatan hidup, tambahkan sisik pada gambar tersebut.

4. Selanjutnya, berilah efek bayangan agar lebih terlihat nyata.

5. Terakhir potonglah sebagian background gambar dengan menggunakan cutter, sehingga yang tertinggal hanya gambar yg dibuat saja

6. Nah telah selesai, seperti ini hasil akhirnya. Gambar ular naga ini tampak jelas, nyata dan sempurna.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca juga artikel lainnya :

Rate this post
Related posts: