Jelaskan Mengapa Negara Singapura Lebih Berfokus Pada Perdagangan Dan Industri

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Jelaskan Mengapa Negara Singapura Lebih Berfokus Pada Perdagangan Dan Industri ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini secara rinci dan semoga membantu anda didalam menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak anda.

jelaskan mengapa negara singapura lebih berfokus pada

Jelaskan Mengapa Negara Singapura Lebih Berfokus Pada Perdagangan Dan Industri

Jawaban :

Lebih fokusnya dalam bidang perdagangan dan juga industri pada Negara Singapura dikarenakan faktor lokasinya yang begitu strategis berada di jalur perdagangan Selat Malaka serta juga Selat Singapura. Disamping itu juga, dikarenakan tidak memiliki sumber daya alam (SDA) melimpah pada Negara Singapura.

Pembahasan :

Singapura merupakan salah satu negara kota yang berada di Asia Tenggara, dimana Singapura mempunyai ekonomi maju dimana dengan mengangkat konsentrasi dalam perdagangan serta industri melalui Pelabuhan Singapura.

Didukungnya pada lokasi yang amat strategis dikarenakan berada di Selat Singapura serta Selat Malaka sehingga peranan Singapura tersebut dalam perdagangan Internasional.

Dalam lokasi tersebut merupakan jalur utama dimana menghubungkan Asia Timur terhadap India, Timur Tengah, Eropa maupun Afrika. Karena letak lokasi tersebut banyak sekali kapal yang berlabuh di Singapura, dan bahkan beberapa perusahaan asing menggunakan lokasi tersebut untuk pusat distribusi bahan baku maupun bahan hasil industri. 

Pelabuhan Singapura (Port of Singapura) ialah salah satu pelabuhan tersibuk di dunia terhadap hal tonase pengiriman, dimana mencapai 1,15 miliar gross ton (GT) serta ditangani tepat tahun 2005. Disamping tonase karga, Singapura tepat berada dibelakang Shanghai dnegan 423jt ton ditangani.

Disamping perdagangan, ditopangnya oleh industri untuk merelaksiasikan, terutama pada industri penyulingan serta pengolahan minyak bumi maupun gas alam, karena pada industri ini telah mempunyai fasilitas refinery yang cukup lengkap. Dengan begitu, Singapura menjadi pusat perdagangan minyak bumi yang berada di Asia Tenggara.

Singapura mendapatkan minyak dari yang berada pada negara sekitar, seperti Brunei, Malaysia, maupun Indonesia yang akan mengimport bentuk minyak mentah, kemudian diolah kembali oleh Singapura, sehingga akan diekspor ke Negara lain. Dengan sistem pengolahan seperti ini, maka Singapura akan mendapatkan keuntungan yang begitu besar.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai Jelaskan Mengapa Negara Singapura Lebih Berfokus Pada Perdagangan Dan Industri di atas, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Related posts: