Urutan Takson Yang Paling Tepat Untuk Tumbuhan Adalah

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Urutan Takson Yang Paling Tepat Untuk Tumbuhan Adalah ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini secara rinci dan semoga membantu anda didalam menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak anda.

urutan takson yang paling tepat untuk tumbuhan adalah

Urutan Takson Yang Paling Tepat Untuk Tumbuhan Adalah

Jawaban :

Berikut urutan takson dari yang paling tinggi hingga rendah ialah :

1. Regnum (Dunia) / Kingdom (Kerajaan)

Regnum / Kingdom merupakan tingkatan yang sangat tinggi dimana jumlah anggota dalam takson terbesar, organisme dalam kingdom dikelompokkan menjadi 5, yaitu : animalia, plantae, fungi, monera, protista.

2. Divisio (Divisi) / Phylum (Filum)

Pada filum ini dipergunakan bagi takson hewan, sebaliknya pada divisi ini dipergunakan bagi takson tumbuhan. Contohnya pada kingdom plantae dimana dibagi menjadi 3 divisi, yaitu bryophyta, ptheridophyta, serta spermatophyta.

3. Classis (Kelas)

Pada bagian ini tiap anggota filum maupun devisi akan dikelompokkan sesuai dengan persamaan ciri – cirinya. Namun, nama kelas pada tumbuhan dimana menggunakan akhiran yang berbeda – beda ialah : edoneae, opsida, phyceae, serta lainnya.

4. Ordo (Bangsa)

Setelah dipisahkan sesuai kelas atau kelompoknya, maka akan dikelompokkan lagi yang memiliki persamaan ciri lebih khusus menjadi beberapa ordo.

5. Familia (Suku)

Tiap anggota pada takson dalam ordo tersebut dikelompokkan lagi dalam beberapa famili dimana berdasarkan suatu persamaan ciri – ciri tertentu.

6. Genus (Marga)

Anggota pada takson setiap familia akan dikelompokkan lagi menjadi beberapa genus sesuai pada persamaan ciri yang khusus lagi.

7. Species (Jenis)

Spesies merupakan suatu tingkatan dalam takson dimana paling dasar maupun paling terendah. Jika anggota pada takson spesies ini melaksanakan perkawinan secara alamiah maka akan menghasilkan keturunan dimana disebut dengan fertil (subur).

8. Varietas (Ras)

Tiap organisme – organisme spesies itu, tentu terkadang masih bisa ditemukan perbedaan ciri yang begitu jelas, bahkan juga begitu khusus (bervariasi) sehingga dikenal dengan varietas (kultivar) dimana berarti ras.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai kali ini di atas, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga Lainnya :

Related posts: