Apa Hubungan Persatuan Dan Keberagaman

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Apa Hubungan Persatuan Dan Keberagaman ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini.

apa hubungan persatuan dan keberagaman

Apa Hubungan Persatuan Dan Keberagaman ?

Jawaban

Pendahuluan :

Hubungan persatuan dan keberagaman merupakan sebuah hubungan sebab akibat, dimana jika ada keberagaman maka muncul potensi untuk membangun persatuan. Karena ragam yang berbeda – beda dalam hal agama, ras, suku, serta bahasa membuat kita untuk bersatu.

Pembahasan :

Membahas persatuan dan keberagaman merupakan topik penting dalam bahasan materi cara hidup bersama (sosial). Alasannya ialah karena di negara seperti Indonesia ini terdiri dari berbagai ragam latar belakang seperti agama, pendidikan, suku ras, serta tingakat ekonomi.

Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang cukup majemuk warganya. Tiap warga mempunyai keberagaman dan keunikan tersendiri dan Indonesia bisa merdeka karena adanya sebuah persatuan.

Berikut penjabaran mengenai hubungannya

Hubungan Persatuan dan keberagaman bisa dijelaskan dalam beberapa poin berikut ini :

Arti harafiah persatuan, persatuan terdiri karena adanya latar belakang yang berbeda – beda dan niatan untuk mempunyai sebuah kesamaan. Artinya persatuan bisa muncul karena adanya sebuah keberagaman. Apabila semua memiliki latar belakang yang sama maka tidak ada yang namanya persatuan. 

Keberagaman berbanding lurus dengan tingkat toleransi, jadi semakin tinggi keberagaman maka makin tinggi juga tingkat toleransi serta usaha untuk bersatu. Karena keberagaman merupakan kondisi sosial di masyarakat di mana terdapat sebuah perbedaan karena suku, agama, dan ras.

Indonesia mempunyai berbagai sebuah keberagaman karena kondisi demografis, geografis, serta historis didalamnya. Jadi Persatuan berbanding lurus dengan komitmen untuk mewujudkannya tersebut.

Jadi, jika adik adik siswa/i khususnya masih dalam jenjang pendidikan yang masih binggung mengenai pertanyaan tersebut artikel dan lain lain, Maka makalah pembahasan ini sudah cukup mewakili jawaban untuk adik adik semua.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai sebuah pertanyaan, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Related posts: