Apa Yang Dimaksud Dengan Lembaga Sosial

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Apa Yang Dimaksud Dengan Lembaga Sosial ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini secara rinci dan semoga membantu anda didalam menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak anda.

apa yang dimaksud dengan lembaga sosial

Apa Yang Dimaksud Dengan Lembaga Sosial

Jawaban :

Suatu prosedur dimana mengakibatkan perilaku manusia yang ditekankan pada pola tertentu maupun dipaksa bergerak melalui jalan yang dianggap sesuai terhadap keinginan masyarakat atau Negara disebut sebagai lembaga sosial. Atau diartikan sebagai wadah atas sekumpulan kaidah maupun norma dimana mengatur penduduknya atau masyarakat dengan tujuan agar mewujudkan kebutuhan masyarakat dimana bersifat khusus.

Berikut beberapa jenis – jenis lembaga sosial yang ada, ialah :

  1. Lembaga Agama, merupakan sebuah lembaga sosial dimana dibentuk umat beragama yang mempunyai tujuan agar mengedepankan suatu kepentingan terhadap hidup beragama, berbangsa, bernegara, serta bermasyarakat. Disamping itu, lembaga ini juga bisa berarti suatu lembaga yang mengatur tingkah laku maupun kehidupan manusia dimana berhubungan pada kehidupan beragama. Sebagai contoh ialah adanya wujud MUI, PGI, KWI, serta lainnya.
  2. Lembaga Politik, merupakan lembaga dimana bertugas sebagai wakil atas masyarakat terhadap proses pengambilan sebuah kebijakan. Sebagai contoh ialah adanya wujud MPR, DPR, DPRD, serta lainnya.
  3. Lembaga Pendidikan, merupakan lembaga dimana bertugas untuk memberikan suatu pengalaman maupun pengetahuan terhadap individu atau disebut peserta didik, dimana bertujuan untuk memperbaiki perilaku pribadi dan meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia). Sebagai contoh ialah adanya wujud SD, SMP, SMA, serta Perguruan Tinggi (PT).
  4. Lembaga Keluarga, merupakan lembaga dimana kaitannya begitu erat pada atau antar anggota keluarga, dimana dengan adanya lembaga ini maka akan terbentuk dengan adanya suatu pernikahan secara agama. Sebagai contoh ialah adanya wujud Pengadilan Agama, KUA maupun Kantor Urusan Agama, dan juga Pengadilan Negeri.
  5. Lembaga Ekonomi, merupana lembaga dimana bertugas bagi pembangunan perekonomian rakyat, artinya lembaga ini akan bertugas mengatur hubungan antar individe dimana berkaitan terhadap urusan bisnis. Sebagai contoh ialah adanya wujud Bank, BPK, serta YLKI.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai Apa Yang Dimaksud Dengan Lembaga Sosial di atas, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga Lainnya :

Rate this post
Related posts: