Jelaskan Teori Mengenai Masuknya Hindu Budha Di Kepulauan Indonesia

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Jelaskan Teori Mengenai Masuknya Hindu Budha Di Kepulauan Indonesia ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini secara rinci dan semoga membantu anda didalam menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak anda.

jelaskan teori mengenai masuknya hindu budha di kepulauan indonesia

Jelaskan Teori Mengenai Masuknya Hindu Budha Di Kepulauan Indonesia

Pendahuluan :

Pada sejarah perkembangan agama di Indonesia, tidak seluruh ajaran agama bisa masuk dengan mudah serta diterima masyarakat pada zaman dahulu kala. Terdapat banyak hal yang dilakukan agar agama bisa masuk serta diterima oleh Indonesia. Agama yang saat ini tersebar di Indonesia ialah mulai dari : Islam, Kristen, Katolik, Hindu serta Budha.

Pada artikel kali ini, terdapat beberapa teori – teori mengenai masuknya Hindu dan Budha di kepulauan Indonesia.

Pembahasan :

Berikut beberapa teori masuknya hindu dan budha ke indonesia ialah :

1. Teori Brahmana

Nah pada teori ini menyatakan bahwa masuknya Hindu dan Budha ke Indonesia dibawa oleh para Brahmana atau pemuka agama. Dimana para pemuka itu di undang oleh para raja dimana untuk menobatkan dirinya menjadi raja pada kerajaan nusantara.

2. Teori Waisya

Teori waisya merupakan teori yang menyatakan masuknya hindu-budha keindonesia dimana disebabkan oleh para pedagang yang singah ke daerah nusantara sambil menyebarkan agama yang dibawanya.

3. Teori Ksatria

Teori ksatria ini menyatakan jika masuknya hindu-budha ke indonesia di sebabkan oleh para ksatria maupun raja India. Dimana melarikan diri dari wilayahnya akibat atau karena kekalahan perang.

4. Teori Sudra

Teori sudra ialah teori yang menyatakan masuknya hindu-budha di sebabkan oleh kaum sudra dimana bermigrasi untuk ke nusantara.

5. Teori Arus Balik

Teori arus balik ialah teori yang menyatakan masuknya hindu – budha di sebabkan oleh rakyat indonesia yang menuntut ilmu untuk ke india setelah pulangnya dari pencarian ilmu itu. Mereka menyebarkannya di tanah airnya sendiri yaitu di Indonesia.

Kesimpulan :

Berdasarkan atas penjelasan teori – teori yang telah dikemukakan diatas, mengenai masuknya Hindu Budha ke Indonesia ialah terdapat 5 teori yang dikemukakan diantaranya ialah teori Brahmana, teori Waisya, teori Ksatria, teori Arus Balik atau Nasional serta teori Sudra

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca juga artikel lainnya :

Rate this post
Related posts: